Salin Artikel

Menpora: Sirkuit MotoGP Mandalika Dijamin Rampung Akhir 2020

Kepastian itu setelah Menpora bertemu dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), selaku pengelola Sirkuit Mandalika dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

"Saya sudah bertemu ITDC dan IMI, saya minta jaminan bahwa MotoGP bisa digelar di Mandalika. Mereka beri jaminan, ya udah, jalan," kata Zainudin, usia menghadiri acara Expo Santripeneur di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Minggu (24/11/2019) sore.

"Nanti akan jadi yang pertama MotoGP berlokasi di pinggir pantai. Semoga masyarakat NTB siap menyambut MotoGP 2021," kata politisi Partai Golkar ini menambahkan.

Sementara itu, Sporting Director Dorna Sports, Carlos Ezpeleta, mengaku masih belum memastikan jadwal MotoGP Mandalika 2021.

Menurut dia, ada dua kemungkinan terbesar, yakni pada Maret 2021 atau akhir tahun.

Hal itu diungkapkan Carlos dalam acara peluncuran Mandalika Gran Prix Association (MGPA) sebagai promotor resmi MotoGP Mandalika 2021 di Plaza Indonesia, Sabtu (23/11/2021).

"Saya masih belum bisa memberi tahu karena memang belum diputuskan. Kemungkinan bisa Maret atau pada akhir tahun," kata Carlos.

Jika digelar pada Maret, MotoGP Mandalika berlangsung pada awal musim 2021. Kemungkinan sebelum MotoGP Qatar yang selalu menjadi seri pembuka.

Namun, jika digelar pada akhir tahun, MotoGP Mandalika akan berada di salah satu empat seri terakhir musim 2021 pada November.

MotoGP 2021 adalah upaya Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan sektor pariwisata, khususnya khususnya turis asing di Lombok.

Pemerintah ingin memperkenalkan bahwa Lombok tidak kalah dari Bali yang hingga saat ini masih menjadi primadona bagi turis asing.

Selain itu, sektor ekonomi juga diperkirakan akan terus merangkak naik karena adanya MotoGP Mandalika 2021.

Jika selesai dibangun, Sirkuit Mandalika diklaim sebagai sirkuit jalan raya pertama di dunia untuk MotoGP.

https://regional.kompas.com/read/2019/11/24/23112391/menpora-sirkuit-motogp-mandalika-dijamin-rampung-akhir-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke