Salin Artikel

Keluh Kesah Pengungsi: Bagaimana Mau Pulang, Setiap Hari Ada Gempa...

Selain karena rumah-rumah mereka ada yang mengalami kerusakan, banyak dari warga yang masih memilih bertahan di lokasi pengungsian karena masih merasa trauma akibat gempa susulan yang terus dirasakan di wilayah itu.

“Bagaimana mau turun, setiap hari kita rasa tanah goyang (gempa) disini,” kata Imran salah satu warga Desa Kairatu yang dihubungi Kompas.com dari Ambon, Sabtu (16/11/2019).

Imran mengaku dia dan keluarganya sebenarnya telah kembali pulang ke rumah beberapa hari yang lalu, namun setelah gempa magnitudo 5,1 mengguncang wilayah itu empat hari yang lalu mereka kembali memilih mengungsi ke perbukitan.

“Bukan kita saja, banyak orang yang ikut mengungsi. Ada warga lain dari hari pertama gempa sampai saat ini juga tidak pernah turun, kalaupun mereka turun hanya karena ada keperluan mendadak,” katanya.

Rasakan gempa setiap hari

Dia menyebut, hampir setiap hari warga di wilayah Kairatu dan sekitarnya merasakan goyangan gempa, sehingga mereka sangat merasa trauma dan takut untuk kembali.

”Apalagi kita yang tinggal di pinggir pantai, pasti takut lah, tadi saja barusan ada beberapa kali gempa paling kuat sekali kita rasakan di sini,” katanya.

Selain warga di Kairatu, sejumlah warga yang mengungsi di sejumlah lokasi pengungsian di Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah juga masih merasa kahwatir untuk kembali ke rumah karena gempa susulan yang masih terus terjadi.

“Pemerintah suru kita kembali ke rumah, apa dong (mereka) tidak rasa gempa selama ini ya? siapa yang bisa jamin keselamatan kita kalau kita kembali di rumah,” kata Yohanes salah satu warga Desa Waai yang dikonfirmasi Kompas.com secara terpisah.

Tidak bisa memaksa

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Farida Salampessy mengaku pihaknya tidak bisa memaksa warga untuk kembali ke rumah-rumah mereka saat ini. 

Pihaknya memahami  gempa susulan masih terus terjadi dan itu membuat warga takut.

“Kita memang tidak bisa memaksa mereka turun, itu dari kesadaran warga saja," katanya. 

"Tapi kita berharap agar gempa segera redah dan mereka yang rumahnya rusak bisa kembali lagi ke kampung,” harapnya. 

https://regional.kompas.com/read/2019/11/16/10165771/keluh-kesah-pengungsi-bagaimana-mau-pulang-setiap-hari-ada-gempa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke