Salin Artikel

Empat Gempa Beruntun Guncang Ambon Sabtu Pagi, Warga Panik Berhamburan

Keempat gempa yang dirasakan sangat kuat getarannya itu membuat warga di Kota Ambon panik dan berhamburan dari rumah-rumah mereka.

Warga keluar dari rumah mereka ke jalan-jalan sejak gempa pertama berkekuatan 4,5 magnitudo mengguncang wilayah tersebut sejak pukul 06.02 WIT.

“Gempa sangat kuat sekali, tadi pas masih tidur waktu gempa pertama,” kata Azis, salah satu warga yang ikut panik, kepada Kompas.com, Sabtu. 

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, pusat gempa bermagnitudo 4,5 itu berada pada titik koordinat 3.59 Lintang Selatan dan 128.27 Bujur Timur.

Atau, berjarak 15 km timur laut Ambon dan 29 km bagian Selatan Kairat, Kabupaten Seram Bagian Barat dengan kedalaman 10 km di bawah permukaan laut.

Gempa tersebut dirasakan getarannya di Ambon dengan skala IV MMI.

Selanjutnya berselang satu jam kemudian gempa bermagnitudo 3,6 kembali mengguncang Pulau Ambon. 

Setelah itu lima menit kemudian gempa bermagnitudo 3,8 kembali terjadi dan selanjutnya gempa bermagnitudo 3,3 kembali mengguncang Ambon.

Gempa susulan

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Ambon, Andi Azhar Rusdin kepada Kompas.com, Sabtu, memberikan keterangan soal empat gempa ini. 

“Pagi ini tercatat ada empat gempa susulan yang dirasakan kuat getarannya oleh warga di Ambon dan sekitarnya,” kata Andi. 

Menurut Andi gempa yang masih terus terjadi di Ambon dan sekitarnya itu merupakan gempa susulan dari gempa utama Magnitudo 6,5 yang mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya pada 26 September 2019 lalu.

“Ini masih gempa susulan dari gempa utama 6,5 yang terjadi September lalu,” katanya. 

https://regional.kompas.com/read/2019/11/16/08075811/empat-gempa-beruntun-guncang-ambon-sabtu-pagi-warga-panik-berhamburan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke