Salin Artikel

BBMKG Ingatkan Pemerintah Bali agar Waspada Potensi Bencana Saat Musim Hujan

DENPASAR, KOMPAS.com - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar meyatakan bahwa musim hujan telah tiba di sebagian wilayah di Bali.

Untuk itu, BBMKG mengingatkan pemerintah setempat dan warga Bali agar waspada serta siaga terkait potensi bencana alam saat musim hujan.

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar Iman Faturahman berujar, potensi bencana pada musim hujan di antaranya adalah longsor, banjir, pohon tumbang, dan angin kencang.

"Pemerintah setempat harus bersihkan saluran air sebelum masa puncak musim hujan. Kemudian dahan-dahan dan dahan pohon agar dipotong," kata Iman saat dihubungi, Minggu (3/11/2019) siang.

Imam mengatakan, pada awal November ini wilayah yang telah memasuki musim hujan adalah Bali bagian Barat Jembrana dan Bali bagian Tengah.

Kemudian akan menyusul seluruh wilayah lain dan puncak musim penghujan diperkirakan terjadi pada Januari-Februari 2020 mendatang.

"Saat ini sesuai prakiraan sudah memasuki hujan. Kemarin hampir sebagian besar mengalami hujan. Tapi belum semuanya," kata Iman.

Dari data BBMKG Wilayah III Denpasar, wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat pada hari ini ada di Kubutambahan, Manggis, Selemadeg, Kerambitan, Mendoyo, Tabanan, Kediri, Mengwi, dan dapat meluas ke wilayah Pupuan, Pekutatan, Busungbiu, Sawan, Banjar, Penebel, Marga, Kintamani, Tejakula, Bebandem, Selat, dan sekitarnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/11/03/14470371/bbmkg-ingatkan-pemerintah-bali-agar-waspada-potensi-bencana-saat-musim-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke