Salin Artikel

Senat Akademik Tetapkan 3 Calon Rektor ITB, Ini Nama-namanya

Mereka adalah Jaka Sembiring, Kadarsah Suryadi, dan Reini Wirahadikusumah. Mereka terpilih dalam sidang tertutup Senat Akademik yang digelar pada 1 November 2019.

“Tiga  calon rektor ini dari hasil penjaringan enam bakal calon rektor,” ujar Ketua Senat Akademik ITB, Prof Hermawan K Dipoyono, saat dihubungi, Jumat (1/11/2019).

Hermawan menjelaskan, sidang tertutup hari ini dimulai pukul 13.30 WIB. Diawali dengan sesi tanya jawab antara anggota denat dengan enam bakal calon rektor ITB secara bergiliran.

Setelah itu dilakukan pemilihan dan penetapan tiga calon rektor ITB. Sidang dihadiri 58 dari 59 anggota tetap Senat Akademik ITB.

Tahapan selanjutnya dari pemilihan rektor ITB ini adalah ekspos ketiga calon rektor yang akan dilakukan, Sabtu (2/11/2019).

Seperti diketahui, Pilrek ITB diikuti 30 kandidat yang kemudian dikerucutkan menjadi 10 kandidat.

Mereka adalah Benyamin Sapiie, Bramantyo Djohanputro, Dwi Larso, Edy Tri Baskoro, Gusti Ayu Putri Saptawati Soekidjo, Jaka Sembiring, Kadarsah Suryadi, Reini D Wirahadikusumah, Togar Mangihut Simatupang, Widjaja Martokusumo.

Setelah melalui tahapan debat terbuka dan pemaparan ide gagasan, ke-10 kandidat ini disaring menjadi 6, kemudian ditetapkan 3 calon rektor lewat sidang tertutup Senat Akademik.

Hermawan mengatakan, kriteria penilaiannya beragam mulai dari rekam jejak, kemampuan leadership, hingga pengalaman memimpin.


Berita sebelumnya, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB, Prof Yani Panigoro mengatakan, setelah menerima tiga nama calon rektor dari senat ITB, pihaknya akan melakukan rapat dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

"Tanggal 8 (November) ini akan dipilih rektor dari calon rektor. Nanti kita rapat dengan Mas Menteri (Nadiem Makarim)," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2019/11/01/19203251/senat-akademik-tetapkan-3-calon-rektor-itb-ini-nama-namanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke