Salin Artikel

Tonjolkan Keberagaman, PNS Gresik Upacara Sumpah Pemuda dengan Pakaian Adat

Para pegawai negeri sipil (PNS) yang mengikuti upacara terlihat menggunakan busana adat dari berbagai daerah.

Beberapa di antaranya mengenakan busana daerah Maluku, Jawa, Bugis, Madura, Bali, dan Dayak.

Sejumah pakaian adat beberapa daerah lain di Indonesia dikenakan untuk mencerminkan keberagaman suku bangsa di Tanah Air.

"Hari peringatan Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema bersatu kita padu, sesuai dengan karakter yang diusung oleh proklamator kemerdekaan Indonesia," ujar Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat berpidato, Senin (28/10/2019).

Bupati berharap, semangat Sumpah Pemuda yang diperingati pada hari ini dapat menjadi aspirasi dan semangat dalam membangun serta memajukan Indonesia ke arah yang lebih baik, dalam bersaing di dunia internasional.

"Kita harus mampu memberikan warna dalam perubahan dunia, dengan kearifan dan menghargai setiap sejarah masa lalu serta perbedaan yang ada, menuju kesatuan dan persatuan bangsa, demi menyongsong masa depan yang lebih baik," ucap dia.

Melalui upacara peringatan Sumpah Pemuda kali ini, Sambari juga berharap, terciptanya toleransi keberagaman dan saling menghormati perbedaan demi kemajuan bersama.

"Saya berterima kasih atas semua peserta upacara dari berbagai elemen yang telah menyukseskan acara. Semoga semangat Sumpah Pemuda akan terus bergelora dalam lubuk sanubari," tutur dia.

Dalam agenda upacara, selain pengibaran bendera merah-putih, juga dilakukan pembacaan ikrar Sumpah Pemuda dan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Selepas acara, para PNS yang mengenakan busana adat dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia, menyapa para pimpinan forum koordinasi pimpinan daerah dengan gerakan atau tarian khas daerah tersebut.

Mereka pun sempat berlenggak-lenggok layaknya peraga busana.

https://regional.kompas.com/read/2019/10/28/10145781/tonjolkan-keberagaman-pns-gresik-upacara-sumpah-pemuda-dengan-pakaian-adat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke