Salin Artikel

Kebakaran Masih Terjadi, Jalur Pendakian Ke Puncak Lawu Masih Ditutup

MAGETAN, KOMPAS.com  -  Kebakaran di Gunung Lawu masih terjadi. Hal ini membuat jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu dari Pos Cemoro Sewu  Kabupaten Magetan Jawa Timur masih tertutup untuk kegiatan pendakian.

Resor Polisi Hutan Sarangan KPH Lawu DS, Kholil mengatakan, jalur pendakian lain seperti Pos  Candi Cetho dan Pos Singolangujuga masih ditutup untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

“Karena keterkaitan keselamatan pengunjung atau pendaki jangan sampai ada kejadian kejadian seperti dahulu,” ujarnya saat dihubungi melalui telephon Minggu (27/10/2019).

Kholil menambahkan, kawasan puncak Gunung Lawu saat ini telah steril dari pendaki, hanya pemilik warung di puncak yang masih diizinkan untuk bertahan. 

Kawasan puncak Lawu, menurut Kholil, masih relatif aman bagi para pedagang yang mengetahui  kondisi puncak Lawu.

“Mulai hari Rabu ini  sudah steril dari pendakian. Kalau penjual masih bertahan itu posisinya tidak begutu mengkhawatirkan kalau posisi warung warung,” imbuh Kholil.

Saat ini upaya pemadaman kawasan kebakaran di Gunung Lawu melibatkan lebih dari 300 personel dari berbagai komunitas.

Titik kebakaran di Candi Cetho saat ini masih diupayakan dengan cara gepyok ataupun membuat ilaran agar api tidak merambat ke kawasan lain.

Kebakaran serta cuaca ektrem membuat jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu ditutup sejak Senin (14/10) kemarin.

Meski saat ini angin kencang sudah berhenti, namun penutupan jalur pendakian masih diberlakukan menunggu upaya pemadaman kebakaran di Candi Cetho.

https://regional.kompas.com/read/2019/10/27/11292241/kebakaran-masih-terjadi-jalur-pendakian-ke-puncak-lawu-masih-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke