Salin Artikel

Status Normal, Pengelola TWA Tangkuban Parahu Langsung Buka Loket Kunjungan

BANDUNG, KOMPAS.com- Setelah Pusat Vulkanologi Mitigasi  Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Tangkuban Parahu dari waspada (level II) menjadi normal (level I), PT Graha Rani Putra Persada selaku Pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu langsung gerak cepat membuka loket kunjungan, Senin (21/10/2019).

Seperti diketahui, Pasca-erupsi yang terjadi pada Jumat (26/7/2019) sore, kunjungan ke Taman Wisata Alam (TWA)  Gunung Tangkuban Parahu ditutup sementara.

Artinya, sudah hampir 3 bulan tidak ada kunjungan ke TWA Tangkuban Parahu.

"Alhamdulillah kita hari ini sudah beroperasi normal kembali. Loket kunjungan sudah dibuka jam 10.00 WIB tadi pagi," kata Direktur Utama PT GRPP Putra Kaban saat ditemui di pintu utama TWA Gunung Tangkuban Parahu, Bandung Barat, Jawa Barat, Senin siang.

Lebih lanjut, Putra Kaban menambahkan, selain kunjungan dari wisawatan domestik, tercatat ada puluhan orang turis asing yang  datang berkunjung untuk melihat Kawah Ratu, kunjungan utama di TWA Gunung Tangkuban Parahu.

"Kurang lebih ada 30 orang dari mancanegara. Sebagian ada yang dari Eropa," akunya.

Putra Kaban memastikan, saat ini Gunung Tangkuban Parahu sudah aman untuk dikunjungi.

Selain itu, selama kunjungan ditutup, dia mengklaim telah melakukan beberapa penambahan perangkat perangkat dan rambu-rambu peringatan untuk keselamatan pengunjung.

"Perbaikan di atas kami tetap berbenah agar di atas lebih bagus,  tetap terjaga kebersihannya,  keamanannya, lingkungannya," ungkapnya.

Selain itu, Putra Kaban mengatakan, perbaikan yang dilakukan pihaknya juga untuk langkah antisipasi menyambut musim penghujan.

"Kita terus berjaga-jaga sebentar lagi musim hujan. kami berjaga- jaga agar pengunjung nyaman. Marilah kembali datang ke Tangkuban Parahu karena Tangkuban Parahu sudah bersih aman dan nyaman," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Tangkuban Parahu dari waspada menjadi normal.

Hal tersebut terjadi berdasarkan pemantauan visual dan instrumental menunjukan aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Parahu berada pada pola penurunan.

Mengingat hal tersebut, Kepala PVMBG Kasbani mengatakan, Gunung yang terkenal dengan legenda Sangkuriang ini sudah bisa kembali dikunjungi.

"Objek wisata bisa dibuka kembali," ujar Kasbani di Kantor PVMBG, Senin (21/10/2019).

https://regional.kompas.com/read/2019/10/21/22323381/status-normal-pengelola-twa-tangkuban-parahu-langsung-buka-loket-kunjungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke