Salin Artikel

Jusuf Kalla Kunjungi Huntap Palu, Relawan Keluhkan Pembebasan Lahan

Dalam kesempatan ini, Jusuf Kalla menyambangi sejumlah wilayah yang dijadikan lokasi hunian tetap (huntap) bagi penyintas bencana yang kehilangan rumah tinggal pasca-gempa bumi, tsunami dan likuefaksi, setahun lalu.

Salah satu lokasi yang ditinjau oleh JK adalah huntap yang berada di Kelurahan Tondo, Kota Palu.

Dalam kesempatan tersebut, Aida Angkasa, salah satu relawan di Buddha Tzu Chi menyampaikan unek unek yang dihadapi pihak yayasan, yakni berkaitan dengan masalah pembebasan lahan.

Apa yang disampaikan pihak Buddha Tzu Chi, langsung ditanggapi JK saat hendak menuju mobilnya untuk melanjutkan kunjungan kerja selanjutnya.

"Coba masalah itu segera diselesaikan," ujar JK kepada Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil dan Dirjen Pengadaan Tanah, Arie Yuriwin yang hadir saat itu, Senin.

Aida kepada sejumlah wartawan mengatakan, huntap yang dibangun oleh Yayasan Buddha Tzu Chi memang mengalami kendala berkaitan masalah lahan.

Kendalanya ada di Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Dari awal SK gubernur diteruskan dengan SK wali kota itu diberikan 84 hektar. Akhirnya dari BPN hanya memberikan kita 19 hektar. Tapi dua minggu lalu kami akhirnya diberi 30 hektar," kata Aida.

Namun, pihak yayasan tidak mau jika hanya diberikan 30 hektar

"Kalau bisa lebih. Itu bukan untuk kami yayasan, tapi itu untuk kepentingan masyarakat. Kami hanya membangun, tapi kalau kami tidak difasilitasi dengan lahan yang benar dan bersih ya kami juga tidak mau membangunnya," ujar Aida. 

https://regional.kompas.com/read/2019/10/08/07091971/jusuf-kalla-kunjungi-huntap-palu-relawan-keluhkan-pembebasan-lahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke