Salin Artikel

Marketplace Ini Sediakan Kebutuhan dan Layanan Kematian

SURABAYA, KOMPAS.com - Tidak hanya makanan dan minuman yang bisa diperoleh secara online, saat ini kebutuhan kematian juga bisa dicari dan diperoleh melalui dunia maya.

Sebuah perusahaan marketplace asal Surabaya memperkenalkan solusiduka.com untuk masyarakat yang membutuhkan kebutuhan keluarganya yang meninggal.

Founder & CEO PT Solusi Duka Indonesia, William Liem Coln, mengklaim jika produknya adalah yang pertama memberikan layanan untuk kebutuhan kematian.

"Selama ini yang marketplace hanya memenuhi kebutuhan manusia yang hidup, sementara kita menyiapkan untuk orang yang sudah meninggal," katanya kepada KOMPAS.com, Jumat (4/10/2019).

Platform yang dikembangkannya setahun terakhir itu mempertemukan calon pengguna dan penyedia barang dan jasa di bidang kedukaan atau kematian.

Selama ini kata dia, belum pernah ada kesempatan bagi vendor untuk mengadakan pameran peti mati atau barang dan jasa kedukaan di muka umum seperti pameran rumah atau pameran pernikahan.

"Jadi selain membantu masyarakat, platform kami juga sebagai wadah promosi layanan penyedia kebutuhan kematian, termasuk di dalamnya pelaku UKM," jelasnya.

solusiduka.com menyajikan beragam layanan seperti lokasi makam, peti mati, kremasi, rumah abu, persemayaman, makanan dan minuman, karangan bunga, dokumentasi, persewaan meja kursi AC hingga toilet portabel yang bisa digunakan untuk kerabat yang sedang bertakziah.

Selain itu juga dilengkapi dengan fitur Quick Start yang memungkinkan pengguna dapat memantau layanan apa saja yang telah dipilih sesuai kebutuhan.

"Juga ada fitur Compare List untuk dapat membandingkan berbagai produk sesuai spesifikasinya masing-masing, seperti: harga, tebal, finishing, kemasan, halal/tidaknya makanan, ijin PiRT, hingga layanan pembayaran," ujarnya. 

https://regional.kompas.com/read/2019/10/04/20232601/marketplace-ini-sediakan-kebutuhan-dan-layanan-kematian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke