Salin Artikel

Tak Kalah dengan Mahasiswa, Polisi yang Jaga Demo Buruh Bawa Poster dengan Tulisan Menggelitik

Jurus itu dengan menampilkan pesan-pesan lucu dan mendamaikan melalui poster yang dibawa.

Pesan-pesan itu dibawa saat menyambut aksi demonstrasi massa buruh di depan gedung DPRD Jatim di Jalan Indrapura, Surabaya.

Sebagian besar pesan itu ditulis dalam bahasa Jawa seperti, "Selamat Datang Dulur-Dulur Kabeh (Selamat datang saudaraku semua)", "Sing Tenang, Engko Oleh Selfi Karo Aku (Yang Tenang, nanti bisa selfie dengan saya)".

Ada juga "Damaimu Ngayemke Suroboyoku (Damaimu menenangkan Surabayaku)".

Tampak juga poster bertuliskan "Sing Jomblo Tak Dungakno Cepet Oleh Jodoh (Yang Jomblo Tak Doakan Cepat Dapat Jodoh)", dan "Ojo Anarki Engko Bengi Tak Jak Ngopi (Jangan anarki, nanti malam tak ajak ngopi)".


Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, polisi di Surabaya memang berusaha mendinginkan aksi demonstrasi dengan cara sederhana, tapi menyentuh.

"Cara seperti itu diharapkan bisa langsung menyentuh psikologi massa untuk menggelar aksi dengan cara damai. Namun, aspirasi bisa tetap tersalurkan," ujar dia.

Dalam aksinya, massa buruh dari sejumlah daerah di Jatim itu menyuarakan beberapa tuntutan seperti penolakan atas kenaikan iuran BPJS, penolakan terhadap revisi PP 78 Tahun 2015, serta penolakan terhadap revisi UU no 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Perwakilan buruh sempat diterima berdialog dengan pimpinan DPRD Jatim untuk menyalurkan aspirasi mereka.

Usai berdialog, aksi buruh berakhir dan mereka membubarkan diri dari depan gedung DPRD Jatim.

Sebelumnya, spanduk dan poster nyeleneh dan menggelitik juga terlebih dahulu digunakan mahasiswa saat demo di DPR RI, Jakarta, serta di sejumlah daerah.

Mahasiswa demo menolak UU KPK dan sejumlah RUU yang dianggap bermasalah.

https://regional.kompas.com/read/2019/10/02/19221321/tak-kalah-dengan-mahasiswa-polisi-yang-jaga-demo-buruh-bawa-poster-dengan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke