Salin Artikel

Kata Polisi soal Dugaan Sindrom Baby Blues dalam Kasus Bayi Tewas di Bak Mandi

Sindrom baby blues merupakan perubahan psikologis secara mendadak yang dirasakan seorang ibu setelah melewati proses melahirkan.

“Sejauh ini tidak ada indikasi ke arah sana (sindrom baby blues). Tersangka melakukan perbuatannya murni didasari rasa kesal dan sakit hati,” tutur Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2019).

Menurut Juang, YN merasa kesal karena putrinya itu terus-menerus menangis saat hendak dimandikan.

Selain itu, YN tiba-tiba teringat perbuatan suaminya yang pernah berselingkuh saat ia hamil tujuh bulan.

“Dalam suasana hati kesal dan sakit hati itu, YN lantas meninggalkan korban yang saat itu sudah berada di dalam bak berisi penuh air hingga meninggal dunia,” kata Juang.

Polisi memastikan kondisi YN sehat dan melakukan perbuatannya dalam keadaan sadar. 

“Tersangka menyesali perbuatannya. Sedih karena mungkin tidak menyangka akan kejadian seperti ini, dan tidak tahu ke depan jadi seperti apa,” ujar Juang.


Sebelumnya, warga dikejutkan dengan penemuan mayat bayi di bak mandi di Kampung Cisuren, Desa Sukanagalih, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (28/9/2019). 

Tubuh bayi malang itu ditemukan Mae (65), nenek korban, saat hendak ke kamar mandi untuk bersih-bersih badan sehabis berkebun.

Aparat kepolisian yang menerima laporan langsung mengamankan tempat kejadian dengan garis polisi dan membawa jasad korban ke Instalasi Pemulasaraan Jenazah RSUD Sayang Cianjur guna kepentingan otopsi.

Dari hasil identifikasi dan keterangan saksi-saksi di lokasi kejadian, polisi akhirnya menetapkan ibu kandung korban, YN, sebagai tersangka.

YN diduga sengaja meninggalkan bayinya yang masih berusia tiga bulan itu saat hendak dimandikan di dalam bak berisi penuh air.

Atas perbuatannya, YN dijerat Pasal 80 ayat 3 dan ayat 4 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak jo Pasal 338 KHUP.

YN terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 3 miliar.

https://regional.kompas.com/read/2019/10/02/12182741/kata-polisi-soal-dugaan-sindrom-baby-blues-dalam-kasus-bayi-tewas-di-bak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke