Salin Artikel

Aksi #GejayanMemanggil 2 Berlangsung Tertib dan Damai

Sekitar pukul 13.30 WIB massa aksi mulai berdatangan di simpang tiga Kolombo.

Ribuan orang, baik dari mahasiswa, masyarakat sipil, buruh, tani, hingga pelajar tampak memenuhi simpang tiga Kolombo.

Secara bergantian para orator menyampaikan orasinya. Selain orasi, massa aksi juga bersama-sama menyanyikan lagu antara lain "Darah Juang", dan "Indonesia Pusaka".

Aksi #GejayanMemanggil diakhiri dengan membacakan pernyataan sikap. Selain itu, mereka juga membacakan sembilan poin tuntutan.

Usai pembacaan sikap dan tuntutan sekitar pukul 16.30 WIB, massa aksi mulai berangsur-angsur meninggalkan Simpang Tiga Kolombo, Jalan Gejayan (Affandi) dengan tertib.

"Melihat kondisi sekarang, masyarakat tidak percaya lagi dengan DPR, di mana pemerintah membuat kebijakan tanpa mengikutsertakan rakyat," ujar juru bicara Aliansi Rakyat Bergerak #GejayanMemanggil, Nailendra, Senin (30/09/2019).

Nailendra menyampaikan Aliansi Rakyat Bergerak akan terus mengawasi sampai sembilan tuntutan dipenuhi. Pengawasan dilakukan dengan salah satunya menggelar aksi.

"Intinya kami akan terus mengawasi sampai tuntutan kami dipenuhi," tandasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto mengapresiasi aksi Aliansi Rakyat Bergerak dengan tagar #GejayanMemanggil yang berlangsung dengan damai dan lancar.

"Kita mengapresiasi teman-teman mahasiswa, adik-adik pelajar ataupun elemen masyarakat lain yang melaksanakan aksi hari ini, mereka tertib. Ya Alhamdulilah kondusif," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/09/30/18224611/aksi-gejayanmemanggil-2-berlangsung-tertib-dan-damai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke