Salin Artikel

AirNav Sebut Aktivitas Penerbangan di Jateng Tidak Terganggu Kabut Asap

Hal tersebut diungkapkan oleh Manager Operasional AirNav Cabang Semarang Kelik Widjanarko kepada Kompas.com, Kamis (26/9/2019)

"Sampai saat ini, penerbangan menuju Semarang, Jateng maupun sebaliknya tidak terganggu. Jadwal penerbangan masih normal," ujar Kelik.

Sejauh ini, belum ada pilot pesawat yang melaporkan gangguan penerbangan akibat kabut asap yang muncul di sejumlah gunung berapi di Jateng.

"Pilot pesawat belum ada yang protes terkait karhutla di Merbabu, Sumbing maupun Gunung Slamet. Jarak pandang pilot tetap seperti biasanya yaitu 8 kilometer," kata Kelik.

Kendati kebakaran meluas di sejumlah lereng gunung di Jateng, tidak ada satupun maskapai yang menunda jadwal penerbangannya.

Kelik menjelaskan, setiap hari terdapat puluhan penerbangan yang melintasi Jateng.

Rute penerbangan yang selama ini terlayani dari Semarang, Solo menuju Bandung, Jakarta, Surabaya serta sejumlah daerah di Kalimantan.

Menurut data AirNav Semarang, jumlah penerbangan sipil untuk rute domestik maupun internasional sebanyak 83 penerbangan.

Sementara, terdapat 62 penerbangan militer dari unsur TNI Angkatan Darat, Aangkatan Laut dan Angkatan Udara.

AirNav memiliki ruang pemantauan aktivitas penerbangan maksimal 10.000 kaki.

Sedangkan, untuk penerbangan di atas 10.000 kaki, telah menjadi kewenangan dari pusat pemantauan milik Kemenhub di Jakarta, Makassar dan Surabaya.

https://regional.kompas.com/read/2019/09/26/12315541/airnav-sebut-aktivitas-penerbangan-di-jateng-tidak-terganggu-kabut-asap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke