Salin Artikel

Mahasiswa Debat dengan Ketua DPRD Jatim, Desak Tolak UU KPK

SURABAYA, KOMPAS.com - Demo ribuan mahasiswa di depan Gedung DPRD Jatim Jalan Indrapura Surabaya diwarnai aksi debat terbuka antara perwakilan mahasiswa demonstran dengan Ketua DPRD Jatim sementara, Kusnadi, yang menerima demonstran.

Debat keduanya berlangsung di atas mobil, di tengah-tengah massa aksi.

Mahasiswa merasa tidak puas dengan sikap Ketua DPD PDIP Jatim itu yang hanya berjanji akan meneruskan tuntutan dan aspirasi para mahasiswa.

"Hari ini staf saya membuat suratnya dan besok akan dikirim ke pemerintah pusat," kata Kusnadi.

Yang diinginkan mahasiswa, Kusnadi selaku pimpinan DPRD Jatim juga bersikap menolak salah satu point tuntutan yakni menolak Undang-Undang KPK.

Namun, Kusnadi menolak memberikan sikap sebagai ketua DPRD Jatim, karena menurut dia, DPRD Jatim tidak punya wewenang dalam menolak atau pun mendukung undang-undang yang disusun DPR dan pemerintah.

"Bukan wewenang saya untuk menolak maupun mendukung. Yang pasti aspirasi masyarakat Jawa Timur juga aspirasi DPRD Jatim," ungkapnya.

Kusnadi baru sepakat saat perwakilan demonstran menawarkan opsi jika dirinya secara pribadi menolak UU KPK. "Secara pribadi, saya menolak UU KPK," tegas Kusnadi.

Aksi diikuti ribuan mahasiswa dari belasan kampus di Surabaya. Aksi sempat menutup jalan dan merusak kawat berduri di depan Gedung DPRD Jatim. 

https://regional.kompas.com/read/2019/09/25/16500111/mahasiswa-debat-dengan-ketua-dprd-jatim-desak-tolak-uu-kpk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke