Salin Artikel

Mimpi Gadis Cirebon Claudia Bernyanyi hingga Buat Juri Pencarian Bakat Jerman Menangis

Kepada Kompas.com, Christin menceritakan kisah perjuangan Claudia hingga dapat mengikuti kontes menyanyi tingkat dunia itu.

Audi, begitu keluarga memanggil Claudia, lulus SMA pada tahun 2017, dan kemudian pergi ke Jerman pada 2018.

Dia pergi untuk melanjutkan studinya. Kata Christin, Audi merupakan seorang putri yang memiliki semangat belajar tinggi dan fokus terhadap cita-citanya.

“Tujuan utamanya adalah belajar, ya mau belajar. Mau meneruskan studinya ke sana (Jerman). Jurusannya masih dicari. Kalau di Jerman tidak bisa langsung masuk ke universitas, jadi dia harus belajar bahasa dulu, Studien Kolleg itu semacam penyetaraan. Claudia sudah pada tahap diterima Studien Kolleg, satu tahun mendatang dia kuliah,” kata Christin, saat berbincang  dengan Kompas.com bersama adik Claudia, Cheryl Clorinda Santoso (12) di salah satu pusat perbelanjaan Kota Cirebon Jumat (14/9/2019).

Keinginannya sekolah di Jerman sudah dibuktikan Audi sejak kecil. Audi sering mendengarkan bahasa asing.

Saat menginjak kelas satu SMA, Audi belajar lebih serius dengan mengikuti kursus di Goethe – Institute Indonesia di Bandung. Saat ini, impian bersekolah di Jerman tercapai.

“Satu minggu sekali saya mengantarkan Audi pulang pergi Cirebon - Bandung untuk belajar di Goethe. Perjuangannya sungguh terasa, dan sekarang sudah. Audi sudah diterima di LMU Munchen (atau Ludwig Maximilian University of Munich di Munich, Bavaria, Germany),” kata Christin.


Istri dari Indra Gunawan Santoso (47) ini mengingat, sekitar bulan Februari 2019, di tengah masa penyetaraan, Audi coba mengikuti audisi pertama The Voice of Germany di Kota Munchen.

Dia berkompetisi dengan 1.600 hingga 2.000 peserta dari berbagai asal.

Satu bulan kemudian atau Maret 2019, Audi mendapatkan kabar bahwa dirinya lulus dari babak pertama, sehingga berlanjut ke babak berikutnya yang berlangsung di Berlin.

Kemudian, Audi kembali lulus dan masuk dalam babak Blind Audition yang kemarin berlangsung.

Christin berharap Audi terus maju hingga memenangi audisi bergengsi tingkat dunia ini.

Tidak Iseng-iseng, Claudia berjuang dan berusaha keras

Christin mengetahui Claudia juga sangat bahagia atas apa yang dia raih saat ini. Dia selalu bercerita pada Christin tiap perkembangan yang dia lewati.

Christin menilai apa yang Audi dapat saat ini berkat kerja kerasnya berlatih sejak kecil, dan juga tentu berkat bantuan serta anugerah dari Tuhan.

Christin menepis apabila ada pihak yang menyebut apa yang diraih Audi berdasarkan iseng-iseng belaka.

Justru sebaliknya, Audi  berjuang keras dari nol untuk sampai tiba di panggung spektakuler tingkat dunia itu. Audi berusaha mempersiapkan segalanya dengan matang.

“Itu enggak iseng-iseng ya, semuanya diniatin. Jadi enggak ada yang kita lakukan hanya iseng-iseng. Kalau iseng-iseng itu enggak serius dan main-main. Sementara ini lomba, lomba besar, jadi memang dia niat kalau di Jerman ingin mencoba. Kebetulan, waktu itu dia ada waktu senggang jadi mengikuti, dia mencocokan dengan schedule-nya,” kata Christin.


Audi tidak ingin jadwal studinya terganggu, tapi dengan tetap dapat mengikuti audisi tersebut. 

Dia termotivasi terhadap banyak orang yang dapat bersekolah tapi juga tetap dapat mengembangkan bakatnya seperti Maudy Ayunda, dan lain-lain.

Audi ingin keduanya, sekolah dan bakatnya berjalan dengan seimbang.

Sebelumnya diberitakan, Claudia Emmanuela Santoso, gadis asal Cirebon tampil memukau dalam ajang pencarian bakar di Jerman, The Voice of Germany.

Suara Claudia mampu memukau empat juri The Voice of Germany. Dengan suara yang melengking, para juru memberikan standing ovation.

Seorang juri wanita bahkan meneteskan air mata. Sebagian juri juga datang ke panggung dan memeluk Claudia.

Penampilan Claudia ditayangkan di akun YouTube resmi The Voice of Germany berjudul “The Greatest Showman Cast - Never Enough” pada Jumat 13 September 2019.

https://regional.kompas.com/read/2019/09/14/14431841/mimpi-gadis-cirebon-claudia-bernyanyi-hingga-buat-juri-pencarian-bakat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke