Salin Artikel

Bau Belerang Gunung Tangkuban Parahu Tercium hingga Cimahi dan Bandung Barat, Ini Penjelasan PVMBG

Berdasarkan informasi itu, bau belerang tercium di beberapa wilayah yang cukup jauh dari kawah yaitu di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

"Tim Pusat Vulkanologi san Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) segera melakukan pengecekan lapangan yaitu dengan melakukan pengukuran gas di sekitar Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu," kata kepala PVMBG Kasbani melalui keterangan tertulisnya.

Berdasarkan hasil pengukuran menunjukkan belum adanya indikasi peningkatan konsentrasi gas CO2, SO2 yang signifikan.

Hasil pengamatan di bibir Kawah Ratu pada tanggal 11 September 2019 pukul 21.30 WIB, dapat teramati asap dengan konsentrasi sedang hingga tebal setinggi sekitar 180 m di atas permukaan kawah. 

Kolom erupsi pun tidak teramati, namun tercium bau belerang yang cukup menyengat disertai suara blazer atau gemuruh dengan intensitas sedang. 

"Hasil pengamatan gas dengan Drager terukur konsentrasi CO2 : 0,020 vol% dan SO2 : 4,6 ppm. Konsentrasi gas-gas tersebut masih relatif lebih kecil dari hasi pengukuran sebelumnya yaitu pada 1 Agustus 2019," kata Kasbani.

Pemantauan suhu kawah dengan thermacam juga belum menunjukkan adanya peningkatan suhu. Amplitudo tremor yang terekam pada saat ini dominan sekitar 25 mm.

"Berdasarkan hasil analisis data-data pemantauan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terciumnya gas pada jarak yang relatif jauh dimungkinkan karena tiupan angin yang cukup kencang dominan ke arah Selatan-Baratdaya yaitu lokasi di mana Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat berada," ujarnya. 

Status Gunung Tangkuban Parahu saat ini masih berada di Level II (Waspada) dengan rekomendasi jarak bahaya di dalam radius 1,5 km dari kawah.

PVMBG-Badan Geologi mengimbau agar masyarakat yang berada di luar radius 1,5 km agar tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa. 

Namun masyarakat diminta tetap mengikuti perkembangan aktivitas gunungapi dari PVMBG dan Pemerintah Daerah/BPBD setempat.

https://regional.kompas.com/read/2019/09/12/05374661/bau-belerang-gunung-tangkuban-parahu-tercium-hingga-cimahi-dan-bandung-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke