Salin Artikel

Ganjar Pranowo Ingin Esemka Jadi Mobil Dinas di Seluruh Pemprov Jateng

Hal tersebut dikatakan Ganjar setelah pabrik perakit mobil karya anak bangsa tersebut diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Tak hanya itu, Ganjar juga akan mendorong seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan 35 Kabupaten/Kota untuk menggunakan mobil Esemka sebagai mobil dinas.

"Tidak hanya di Jateng, daerah lain hingga kementerian juga akan saya dorong menggunakan mobil Esemka agar bisa dipakai untuk kepentingan nasional," ucap Ganjar di Semarang, Selasa (10/9/2019).

Ganjar mengatakan, sambil menunggu pembuatan mobil penumpang jenis SUV, mobil niaga yang sudah diproduksi oleh PT Solo Manufaktur Kreasi tersebut saat ini juga harus didorong untuk membantu program pemberdayaan petani, nelayan dan pelaku usaha kecil menengah (UKM).

"Kami akan mulai dengan menjadikan mobil niaga Esemka ini untuk kepentingan bantuan kita kepada kelompok tani, nelayan dan pelaku UKM. Langkah-langkah ini penting dilakukan sebagai upaya menjadikan Esemka sebagai mobil nasional," kata Ganjar.

Ganjar berharap, mobil niaga yang sudah diproduksin Esemka itu dapat didesain sesuai kebutuhan masyarakat.

"Misalnya untuk niaga, berdagang, petani atau pelaku UKM. Desainnya saya harap bisa menyesuaikan kebutuhan mereka. Jadi nantinya dapat memudahkan masyarakat," kata Ganjar.

Ganjar mengatakan, dirinya tidak sabar untuk segera berkunjung ke pabrik Esemka yang terletak di Boyolali.

Sebab, pada waktu peresmian, Ganjar tidak dapat mendampingi Presiden Jokowi, karena sedang dinas di Kalimantan. Saat peresmian, Ganjar hanya memantau dari media sosial.

"Saya melihat ada mobil niaga yang sudah jadi. Tentu ini langkah positif yang akan terus kita dorong. Saya sih tidak sabar menunggu produk terbaru yang non niaga, seperti SUV dan produk lain. Saya pengen cepat beli, dan merasakan mobil hasil karya anak bangsa," kata Ganjar.

https://regional.kompas.com/read/2019/09/10/16053461/ganjar-pranowo-ingin-esemka-jadi-mobil-dinas-di-seluruh-pemprov-jateng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke