Salin Artikel

Burung Kolibri, Penyambung Rantai Kehidupan di Bangka Belitung, Terancam Punah

BANGKA, KOMPAS.com-Spesies burung kolibri (Trochilidae) di Kepulauan Bangka Belitung terancam punah disebabkan maraknya perburuan liar.

Burung mungil dengan warna bulu warna-warni itu perlu untuk dilindungi karena bagian dari rantai ekosistem tumbuhan.

"Kolibri ini disebut juga burung madu. Burung ini membantu penyerbukan atau proses fertilisasi tanaman," kata Kepala Resor Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Kepulauan Bangka Belitung, Yusmono saat berbincang dengan Kompas.com di Pangkal Pinang, Selasa (11/9/2019).

Dia menuturkan, kolibri menjadi amat penting dalam menyokong rantai kehidupan karena beberapa jenis tanaman tidak bisa melakukan pembuahan tanpa dibantu spesies lain.

Salah satunya, bantuan tersebut datang dari kolibri.

"Saat kolibri hinggap di salah satu kuntum bunga, maka serbuk bunga akan terbawa di paruh dan badannya, kemudian berpindah ke bunga yang lain sehingga terjadi pembuahan," kata Yusmono.

Kekhawatiran Yusmono akan kolibri yang di ambang kepunahan memang beralasan. Perburuan liar marak terjadi.

Akhir pekan lalu misalnya. BKSDA bekerja sama dengan petugas karantina menemukan 1.025 kolibri dalam sangkar yang hendak dikirim ke Jakarta.

Petugas kemudian menyita ribuan burung tersebut dan melepasliarkannya di Hutan Lindung Mapur, Desa Deniang, Kabupaten Bangka.

Selain kolibri, juga ditemukan 60 ekor burung perbak yang ditahan dan kemudian dilepasliarkan.

Burung perbak juga dianggap penting dalam ekosistem karena memangsa serangga dan ulat, sehingga membantu mengurangi serangan hama para petani.

Populasi kolibri maupun erbak terancam tidak hanya karena aksi perburuan, tapi juga karena aktivitas pembukaan lahan hutan menjadi industri dan kebutuhan pembangunan lainnya.

Tingginya permintaan

Maraknya perburuan kolibri maupun perbak tak bisa dilepaskan dari tingginya permintaan.

Sesuai hukum pasar, kata Yusmono, banyaknya permintaan telah memicu perburuan liar di kalangan masyarakat.

Setiap kali penangkapan, jumlahnya mencapai puluhan hingga ratusan ekor. Diyakini, banyak pelaku perburuan liar, sehingga jumlah kolibri yang ditangkap bisa mencapai ribuan ekor.

"Ukuran burungnya kan kecil. Jadi jumlah tangkapannya harus banyak supaya penjualannya juga besar. Umumnya ini dikirim ke Pulau Jawa," sebut Yusmono.

Beberapa spesies yang banyak ditemukan di Kepulauan Bangka Belitung seperti kolibri bakau atau mangrove. Selain itu, ada juga kolibri lebah dan kolibri pijantung.

Selama ini, permintaan kolibri diketahui untuk peliharaan dan juga lomba burung berkicau.

"Untuk pencegahan penangkapan kami giatkan melalui penyuluhan," ucapnya. 

https://regional.kompas.com/read/2019/09/10/15175021/burung-kolibri-penyambung-rantai-kehidupan-di-bangka-belitung-terancam-punah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke