Salin Artikel

Anak Wali Kota Manado Jadi Anggota Termuda di DPRD Sulut

Kristo merupakan anggota DPRD Sulut termuda periode 2019-2024. Ia baru berusia 26 tahun.

Meski baru pertama kali terjun ke dunia politik, Kristo berhasil meraih 28.933 suara pada Pemilu 2019.

Ia maju lewat Partai Demokrat, daerah pemilihan (Dapil) Kota Manado. Di dapil itu, suara Kristo berada di urutan kedua dari anggota DPRD Andrei Angouw yang saat ini menjadi pimpinan DPRD sementara, dan sebelumnya menjabat ketua DPRD Sulut.

Kristo merupakan anak Wali Kota Manado Vicky Lumentut. Vicky juga memegang jabatan sebagai ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Manado.

Sementara, ibu Kristo, Paulina Runtuwene, saat ini menjabat sebagai rektor Universitas Negeri Manado (Unima) di Tondano, Kabupaten Minahasa.

Kristo saat diwawancarai Kompas.com mengatakan, sebagai anggota DPRD termuda tentu sangat bangga. Tetapi di satu sisi, jabatan ini merupakan tanggung jawab besar untuk dijalankan.

"Yang pasti, setelah dilantik, sudah tidak membedakan lagi kita termuda, tertua dan terlama. Tapi, bagaimana kita fokus memperjuangkan aspirasi rakyat," katanya di ruang Fraksi Demokrat.

Pria yang saat ini mengambil studi S2 itu mengatakan, setelah dilantik, agenda yang pertama yang akan dikerjakan adalah pembentukan alat kelengkapan DPRD (AKD), dan tata tertib (tatib) DPRD.

Setelah itu selesai, dengan cepat ia akan bekerja untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat yang sudah dimandatkan.

Ia juga mengatakan, karena masih pemula di politik, dirinya akan lebih banyak belajar. Banyak membaca aturan yang melekat bagi wakil rakyat dan juga menjadi pembahasan di DPRD.

Selain itu, berkoordinasi dengan teman-teman dan senior, agar nantinya tidak dipandang setengah mata karena baru periode pertama.

"Intinya belajar dan belajar, maka kita mampu berbicara banyak nantinya," katanya.

Dia juga mengatakan, terjun ke dunia politik merupakan keinginannya sendiri.

"Jadi, bukan paksaan atau ikut jejak orangtua. Namun, ingin memberi dampak langsung kepada masyarakat. Ingin berbuat bagi masyarakat Manado," sebut Kristo.

Lanjut dia, anggota DPRD Sulut yang baru didominasi wajah baru, bahkan tergolong anggota milenial.

"Sudah banyak yang ada di pikiran saya yang ingin di dorong masuk program nanti. Tapi itu kalau sudah di komisi. Yang pasti, setiap minggu bertegur sapa dengan masyarakat," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2019/09/09/20570311/anak-wali-kota-manado-jadi-anggota-termuda-di-dprd-sulut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke