Salin Artikel

Polisi Tangkap 4 Warga Bulgaria Pembobol ATM di Bali

Keempat orang tersebut adalah Stoyanov Georgi Ivanov (43), Filip Aleksandrov (45), Boycho Angelov (41) dan Stoyan Vladimirov (37). Keempatnya ditangkap saat melakukan aksinya di sejumlah ATM di Bali.

"Semuanya warga Bulgaria, tersangka pertama ditangkap di Ubud," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Bali Kombes Yuliar Kus Nugroho di Mapolda Bali, Senin (9/9/2019).

Tertangkapnya para warga Bulgaria tersebut berawal dari kerja sama Polda Bali dengan pihak Bank pada Sabtu (28/8/2019) lalu.

Polisi kemudian melakukan penyelidikan dengan menggelar patroli ke beberapa ATM di seputaran Denpasar dan sekitarnya.

Dari hasil patroli ditemukan beberapa peralatan ATM bank yang rusak.

Kemudian, dari hasil penyelidikan dan informasi dari berbagai pihak, polisi berhasil menangkap satu pelaku yakni Stoyanov Georgi Ivanov di mesin ATM Restoran Bebek Bengil, Jalan Hanoman Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Polisi lalu melakukan pengembangan ke ATM lain di wilayah Denpasar.

Dari pengecekan kamera pengawas (CCTV), terlihat 3 orang warga negara asing membongkar dan memasang alat pada lampu mesin ATM.

"Ditemukan adanya kamera tersembunyi (hidden camera) yang merupakan alat yang digunakan oleh pelaku skimming," ujar Yuliar.

Berdasarkan temuan tersebut, personel Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Bali bersama-sama dengan pihak bank melakukan pemantauan terhadap mesin ATM tersebut.

Kemudian, terpantau ada orang asing dengan ciri-ciri yang sama masuk ke dalam ruang ATM dan pada saat yang sama, pelaku melakukan pemasangan alat di mesin ATM.

Selanjutnya, pada Selasa (3/9/2019), diperoleh informasi beberapa orang asing yang melakukan illegal akses pada beberapa mesin ATM yang berada di wilayah Denpasar dan wilayah lainnya.

Setelah dilakukan pengecekan pada sistem bank, ditemukan transaksi di beberapa mesin ATM yang dilakukan oleh orang asing dengan menggunakan kartu ATM yang bukan peruntukannya atau kartu lain yang menyerupai ATM.

Berdasarkan informasi tersebut, pihak kepolisian melakukan penyelidikan terhadap tempat tinggal 3 para pelaku tersebut. Kemudian, diketahui mereka bermukim di Wilayah Sanur dan Denpasar.

Saat dilakukan penggeledahan ditemukan beberapa kartu serupa ATM.

"Kartu-kartu tersebut pernah digunakan oleh pelaku untuk melakukan transaksi illegal di beberapa mesin ATM Bank di wilayah Denpasar dan sekitarnya," kata Yuliar.

Walau mengaku tidak saling kenal, polisi terus melakukan penyelidikan untuk memastikan keterkaitan mereka.

Tidak hanya warga lokal yang jadi korban. Warga asing juga turut jadi korban pembobolan.

"Mereka mengambil uang di ATM dengan kartu palsu yang ada magnetik strip," kata Yuliar.

https://regional.kompas.com/read/2019/09/09/14030551/polisi-tangkap-4-warga-bulgaria-pembobol-atm-di-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke