Salin Artikel

Demi Eifisiensi, Anggota DPRD Terpilih Ini Pilih Baju Adat daripada Jas untuk Pelantikan

Ia melakukan itu demi efisiensi penggunaan anggaran negara yang tidak penting.

Anggota DPRD dari Partai Hanura dua periode ini mengimbau agar anggaran jas untuk pelantikan dikembalikan ke kas negara.

Suasana pelantikan anggota DPRD di Pasangkayu, Sulawesi Barat, Rabu (28/8/2019), berlangsung dalam suasana berbeda.

Jika DPRD terpilih biasanya dilantik menggunakan seragam jas berwarna hitam gelap, pelantikan senator Pasangkayu hari ini justru tampak berbeda.

Pasalnya, dari 30 anggota DPRD, hanya Mirwan yang dilantik menggunakan pakaian adat berwarna oranye sesuai warna lambang partainya.

Mirwan yang kembali lolos ke DPRD Pasangkayu memilih tampil beda dalam prosesi pengambilan sumpah/janji anggota DPRD periode 2019-2024 di gedung DPRD Pasangkayu.

Mirwan yang memilih berpakaian adat Sulawesi ini pun menjadi sorotan kamera sejumlah wartawan dan ratusan tamu undangan yang hadir, termasuk para bupati dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda).

Penampilan Mirwan tampak mencolok lantaran posisinya duduk dan berdiri paling depan dengan mengenakan pakaian adat berwarna oranye, yang tidak seragam dengan anggota DPRD.

Meski terlihat mencolok, pembacaan sumpah janji anggota dewan yang dipandu oleh kepala Pengadilan Negeri Pasangkayu itu berlangsung khidmat.

Mirwan mengatakan, ia memilih mengenakan pakai adat Sulawesi yang senada dengan warna partainya, selain efisiensi anggaran, juga sebagai bentuk kritik terhadap Sekretariat DPRD Kabupaten Pasangkayu.


Ia menilai, Sekretariat DPRD menganggarkan pengadaan jas baru setiap tahun bagi anggota dewan, tetapi jas itu tak kunjung diberikan hingga mereka dilantik.

Mirwan mengatakan, dana pengadaan jas sebaiknya dikembalikan ke negara.

Ia pun menilai, persoalan jas baju sering kali menjadi alasan justifikasi pelantikan molor atau lainnya hanya karena masalah sepele seperti baju jas yang belum siap.

“Setiap periode kan dianggarakan oleh sekretariat untuk pengadaan jas baru, dan seharusnya itu bisa dipakai di pelantikan hari ini,” kata Mirwan.

https://regional.kompas.com/read/2019/08/28/15244101/demi-eifisiensi-anggota-dprd-terpilih-ini-pilih-baju-adat-daripada-jas-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke