Salin Artikel

Kronologi Pembunuhan Anak Mantan Ketua KPU Nias Utara

Beriman membunuh Jimmy karena taku ketahuan mencuri sejumlah barang di rumah korban yang merupakan anak mantan Ketua KPU Kabupaten Nias Utara Otorius Harefa.

"Jadi motifnya adalah mengambil harta korban dalam hal ini ponsel dan barang berharga lainnya," ujar Deni Kurniawan, saat pengungkapan kasus di Mapolres Nias, Selasa (27/8/2019).

Pembunuhan berawal saat pelaku masuk ke dalam rumah korban pada Rabu dini hari.

Saat mengambil laptop, pelaku kemudian keluar dari rumah korban. Namun, korban kembali ke dalam rumah karena ingin mengambil barang lainnya.

Saat masuk untuk kedua kalinya, pelaku melihat korban sedang tidur. Takut ketahuan, pelaku mengambil palu yang ada di sekitar ruangan tersebut dan memukulkannya ke korban hingga tewas.

Pelaku kemudian mengambil sejumlah ponsel milik korban dan kemudian melarikan diri. Polisi yang mendapatkan laporan kemudian mendatangi lokasi dan melakukan penyelidikan.

Dari hasil penyelidikan, polisi menangkap lima terduga pelaku yang masih satu keluarga, termasuk Beriman, Senin (27/8/2019). Kelimanya tinggal tak jauh dari rumah korban. 

Polisi kemudian menetapkan Beriman sebagai tersangka. Sedangkan empat orang lainnya masih dalam pemeriksaan.


Kepada polisi, Beriman mengaku mencuri karen terlilit utang bermain judi online. Uang hasil menjual barang curian akan dia gunakan untuk membayar utang. 

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 365 juncto Pasal 84 UU Perlindungan Anak Tahun 2002, dengan ancaman 15 Tahun penjara.

Sebelumnya diberitakan, Jimmy Harefa ditemukan tewas di kamar di rumahnya pada 21 Agutus.

Setelah penyelidikan, anggota Kepolisian Resor Nias, Sumatera Utara, meringkus lima terduga pelaku pembunuhan yang tinggal di Jalan Pelita Damai, Kelurahan Ilir, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Para terduga pelaku masih satu keluarga. Mereka diamankan di rumah mereka. Satu pelaku ditembak karena melawan petugas.

https://regional.kompas.com/read/2019/08/27/20070141/kronologi-pembunuhan-anak-mantan-ketua-kpu-nias-utara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke