Salin Artikel

Gubernur: Kalimantan Tengah Punya Sejarah untuk Jadi Ibu Kota Negara

Dia mengatakan, pada 1957, Presiden pertama RI Soekarno, telah merencanakan untuk mengembangkan Palangkaraya, sebagai Ibu Kota masa depan Indonesia, saat pemancangan Tugu Soekarno pada 17 Juli 1957 di Kota Palangkaraya.

“Inikan sudah kita katakan, bahwa Kalimantan Tengah itu sudah memilik sejarah untuk jadi Ibu Kota. Ya, siapapun yang melupakan sejarah pasti negara itu akan hancur," ujarnya di Bandar Udara Cilik Riwut Palangkaraya, Jumat (23/8/2019). 

Hal itu disampaikan Sugianto usai menerima kunjungan rombongan Menko Polhukam Wiranto, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sugianto mengatakan, sejak awal Kalimantan Tengah sudah sangat siap apabila dijadikan sebagai lokasi Ibu Kota baru. Hal itu terlihat baik secara letak geografi, luas lahan maupun faktor pendukung lainnya.

Andaikan nantinya Ibu Kota tidak berada di Kalteng, Sugianto akan menerima dengan lapang dada. 

Namun, dia minta semua pihak bersabar pengumuman resmi dari Presiden Jokowi.

“Lebih baik bersabar, sambil menunggu keputusan dan pengumuman resmi yang akan disampaikan oleh Presiden” kata Sugianto.

Wacana pemindahan ibu kota kembali ramai dibicarakan publik. Terbaru, Kalimantan Timur menjadi sorotan karena disebut telah dipilih sebagai lokasi Ibu Kota baru.

Hal ini untuk kali pertama diungkap Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil.

Meski tidak menyebut detail, Sofyan Djalil memastikan bahwa ibu kota baru berada di Provinsi Kalimantan Timur.

"Iya Kaltim, benar,” ujar Sofyan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Namun, selang beberapa jam, pernyataan Sofyan dibantah Presiden Jokowi. Presiden justru menyatakan bahwa pemerintah belum menentukan lokasi ibu kota baru.

Jokowi menegaskan, pemerintah belum menentukan provinsi yang akan menjadi Ibu Kota baru karena masih ada kajian yang belum komplet.

"Masih tunggu satu atau dua kajian," kata Jokowi di Istana Bogor, Kamis (22/8/2019).

https://regional.kompas.com/read/2019/08/24/07140021/gubernur--kalimantan-tengah-punya-sejarah-untuk-jadi-ibu-kota-negara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke