Salin Artikel

Wali Kota Surakarta Jamin Keamanan Mahasiswa Papua Pasca-muncul Vandalisme Berbau Provokatif

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo alias Rudy menjamin keamanan mahasiswa Papua di Solo, Jawa Tengah.

Jaminan keamanan itu diberikan pasca ditemukannya vandalisme berbau provokatif tentang Papua, di Solo.

"Mahasiswa-mahasiswi, bahkan masyarakat Papua yang ada di Solo, kami jamin aman dan tidak ada istilah yang mendiskreditkan saudara-saudara kita yang ada di Papua," terang Rudy, di Solo, Jawa Tengah, Jumat (23/8/2019).

Rudy meminta kepada pihak berwajib untuk mencari dan menangkap oknum pelaku yang secara sengaja membuat vadalisme tersebut.

Pihaknya tidak ingin masyarakat Solo dipecah belah dengan munculnya aksi vandalisme provokatif tersebut.

"Solo tidak boleh dipecah belah oleh siapapun dengan berbagai cara apapun, Solo tetap bersama rakyat, kondusif, aman. Apabila ada yang ingin memecah belah harus kita hadapi bersama," ujar dia.

Selama ini, Pemkot Surakarta telah menjalin komunikasi dengan paguyuban masyarakat Papua di Solo. Upaya tersebut dalam rangka untuk menciptakan iklim kondusif di Solo.

"Kami sudah berkomunikasi dengan teman-teman kita di Papua, dengan adanya isu atau vandalisme itu mereka merasa tidak nyaman," tambah Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai.

Menurut Andy, vandalisme tentang Papua yang dilaporkannya tersebut ditemukan di tiga titik lokasi di Solo. Vandalisme tersebut semuanya telah dihapus menggunakan cat.

Andy mengajak masyarakat Solo untuk ikut berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketenteraman di Solo.

Jika ada hal yang mencurigakan atau aksi vandalisme berbau provokatif bisa dilaporkan ke pihak berwajib atau aparat setempat.

https://regional.kompas.com/read/2019/08/23/16025391/wali-kota-surakarta-jamin-keamanan-mahasiswa-papua-pasca-muncul-vandalisme

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke