Salin Artikel

Luka Cukup Dalam, Dua Anggota Polisi yang Terbakar Butuh Tambahan Kulit hingga Operasi

BANDUNG, KOMPAS.com - Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA Simbolon, dua anggota kepolisian yang terbakar saat mengawal aksi demo mahasiswa di Cianjur, kini dalam perawatan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Dokter RSHS Hardisiswo Soedjana mengatakan, dua anggota Polres Cianjur ini datang ke RSHS dengan luka bakar 13,5 persen untuk korban Bripda Yudi Muslim dan 6,5 persen untuk Bripda FA Simbolon.

Mengingat luka bakar yang diderita cukup dalam, maka tidak menutup kemungkinan untuk proses penyembuhannya membutuhkan tambahan kulit hingga penanganan operasi. 

"Muhamad Yudi, 13,5 persen, (luka) leher dan tangan kanan, dengan derajat kedalaman antara agak dalam 2b. Artinya mungkin membutuhkan tambahan kulit," kata Hardi di RSHS Bandung (21/8/2019).

"Yang satu lagi 6,5 persen kena leher juga sebagian di dada dan lengan atas kanan. Masalahnya adalah dalam luka bakarnya jadi memerlukan tindakan operasi untuk penyembuhan," tambahnya.

Menurutnya, karena luka bakar yang cukup dalam maka penyembuhan pasien membutuhkan waktu yang cukup lama. 

"Karena dalam itu ada ancaman infeksi perlu perawatan agak lama dalam waktu seminggu hingga 10 hari dia akan sembuh spontan dan tumbuh kulit baru," ujarnya.

Luka bakar itu pun bisa saja sembuh sendiri hanya saja akan tumbuh jaringan parut yang bolak balik.

"Ini akan menimbulkan menarik leher, bisa tidak bebas bergerak sehingga memerlukan penanganan dua kali operasi," tuturnya.

Pada Kamis (22/8/2019), Hardi akan melihat kondisi umum dari kedua pasiennya itu.

"Keadaan luka yang cukup dalam, perlu dibersihkan dengan general anastesi atau bius umum. Bagian tangan dalam, wajahnya Pak Yudi sebagian dalam, tapi waktu diperiksa tidak ada trauma," jelasnya.

Proses penambalan jaringan kulit mati membutuhkan tambahan kulit yang akan diambil tim dokter dari bagian tubuh pasien.

"Proses penambalan nanti disisit jaringan matinya, dibuang lalu kita ambil dari paha untuk leher. Sekarang, sebagian luka udah kering dan ada yang sudah jadi kulit. Kita cegah jangan pindah ke yang lain jadi lebih dalam. Dengan perawatan luka dan gizi yang baik juga," katanya.

"Yang satu lagi lebih baik karena tidak terlalu luas, di tangan enggak ada. Yang satu itu karena di tangan dan leher agak dalam," tambahnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/08/21/11081301/luka-cukup-dalam-dua-anggota-polisi-yang-terbakar-butuh-tambahan-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke