Salin Artikel

Titik Api di Kalsel Terus Meluas, BPBD Sebar "SMS Broadcast" Bahaya Karhutla

Sebagai langkah pencegahan agar titik api tidak terus meluas, BPBD Kalsel gencar melakukan sosialisasi, salah satunya melalui SMS broadcast kepada masyarakat.

"Saya berharap Satgas gencar melakukan sosialisasi memberikan informasi kepada masyarakat akan bahaya membakar hutan dan lahan," ujar kepala pelaksana BPBD Kalsel, Wahyuddin saat launching sistem informasi kebencanaan, Senin (19/8/2019).

Wahyuddin menambahkan, akan ada 2.000 SMS broadcast yang akan dikirimkan kepada masyarakat setiap harinya.

"Untuk tahun ini akan disebar sebanyak 150.000 SMS Broadcast," tambah Wahyuddin.

Namun yang menjadi perhatian serius BPBD Kalsel, adalah masih lemahnya penegakan hukum terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan.

Untuk itu BPBD Kalsel akan mengefektifkan penegakan hukum melalui satgas yang berjumlah 1.500 orang yang akan melibatkan masyarakat.

"Saya kira kita dapat berbagi peran dengan pola tugas seperti satgas darat dan patroli, BPBD menginformasikan titik api, kepolisian yang melakukan penyelidikan dan masyarakat sebagai intelijennya," ujar Wahyuddin lagi.

Untuk diketahui, sebaran titik api di Kalsel terus meluas, ada 7 kabupaten kota yang terdampak karhutla dengan kabupaten Tapin dan Tanah Laut merupakan yang terparah.

https://regional.kompas.com/read/2019/08/19/13205771/titik-api-di-kalsel-terus-meluas-bpbd-sebar-sms-broadcast-bahaya-karhutla

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke