Salin Artikel

Viral Video Sopir Tuding Ada Pungli di Jembatan Timbang, Ini Tanggapan Dishub Ngawi

NGAWI, KOMPAS. com – Dinas Perhubungan Kabupaten Ngawi Jawa Timur langsung melakukan sidak ke jembatan timbang pasca-viralnya video dugaan pungli yang diunggah di Facebook.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Ngawi Putut Yuliarto mengatakan, sidak dilakukan pada Rabu (14/8/2019) karena sopir pembuat video menyebut Dinas Perhubungan Ngawi.

Jembatan timbang dan Terminal Ngawi untuk pengelolaannya langsung di bawah Kementerian Perhubungan.

“Pak Bupati kaget, coba dikonfirmasi apakah ada orang Ngawi. Semua petugas bukan orang Ngawi, limpahan dari pusat,” ujar Putut, saat dihubungi, Jumat (16/8/2019).

Terkait tudingan timbangan di jembatan timbangan Ngawi bermasalah, Putut memastikan jika timbangan telah ditera dan mendapat sertifikasi khusus.

Menurutnya, sopir truk diduga tidak melalui jembatan timbangan di Bali maupun saat memasuki wilayah Jawa Timur, karena tidak bisa menunjukkan bukti struk timbang.

“Setiap jembatan timbangan itu pasti ada struknya. Dia tidak bisa menunjukkan bukti kalau timbang di Bali atau masuk wilayah Jawa Timur,” imbuh dia.

Karena petugas tidak menanggapi, membuat sopir tersebut nekat membuat video. “Dia nyoba untuk menyuap jembatan timbang Rp 20.000 ditolak, Rp 50.000 ditolak, akhirnya marah-marah membuat video itu,” ucap dia.

Sebelumnya, sebuah video diduga seorang sopir truk yang memprotes hasil timbangan jembatan Ngawi yang memiliki berat lebih 11 ton.

Padahal, menurutnya, saat menimbang di Bali kurang dari 10 ton.

Menurut Putut, kasus tersebut telah diselesaikan dengan melakukan penilangan terhadap sopir truk karena melanggar ketentuan muatan.

“Sudah ditilang, ada bukti tilangnya, sudah tanda tangan mengakui,” pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2019/08/16/15115171/viral-video-sopir-tuding-ada-pungli-di-jembatan-timbang-ini-tanggapan-dishub

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke