Salin Artikel

6 Fakta Enzo Taruna Akmil Keturunan Perancis, Pilih WNI karena Ingin Jadi TNI hingga Sewa Pelatih Fisik

KOMPAS.com — Enzo Zenz Allie, seorang warga negara Indonesia keturunan Perancis, berhasil masuk sebagai calon taruna Akademi TNI tahun 2019.

Rupanya menjadi prajurit TNI sudah menjadi keinginan Enzo sejak lama. Hal itu pernah diungkapkan Enzo kepada gurunya sejak masih duduk di bangku sekolah.

Diketahui, Enzo merupakan lulusan SMA Pesantren Unggul Al Bayan, Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Berikut fakta Enzo Zenz Allie warga keturunan Perancis yang berhasil masuk sebagai calon taruna Akademi 2019:

Kepala Sekolah Al Bayan, Deden Ramdani mengatakan, Enzo pernah mengungkapkan kepada dirinya soal keinginan dia untuk menjadi prajurit TNI.

Saat itu Enzo masih duduk di bangku kelas XI dan Deden masih menjabat sebagai guru Kimia.

"Kami bertemu di masjid selepas shalat Ashar berjamaah. Enzo menyampaikan soal cita-citanya, ingin menjadi prajurit yang saleh. Itu buat saya merinding," kata Deden kepada wartawan di SMA Al Bayan, Anyer, Serang, Rabu (7/8/2019).

Untuk bisa lolos menjadi calon taruna TNI, Enzo sudah melakukan persiapan fisik sejak SMA.

Latihan yang dilakukan oleh Enzo antara lain melakukan latihan fisik di Pantai Anyer yang dilatih oleh guru yang khusus didatangkan untuk Enzo. Latihannya berlangsung seminggu tiga kali.

Selain itu, kata Deden, Enzo juga kerap melakukan latihan sendiri seperti lari pada pagi dan sore hari, serta latihan fisik lainnya seperti push up dan renang.

"Tapi, sejak di kelas 10 dia juga sudah terkenal punya fisik yang kuat, latihannya cepat dan push up 100 kali perhari," kata Deden, saat ditemui di SMA Al Bayan, Rabu (7/8/2019).

Kuatnya fisik yang dimiliki Enzo, menjadikan remaja kelahiran 27 April 2001 ini menjadi andalan SMA Al Bayan dalam setiap perlombaan atletik. Bahkan, dari beberapa perlombaan yang diikuti dia selalu juara.

"Sering dapat medali emas lomba lari dan renang di Kabupaten Serang dan mewakili ke Provinsi Banten," kata dia.

Selepas lulus dari SMA Al Bayan, Enzo lantas mendaftar ke akademi TNI tahun 2019 dan lolos sebagai calon taruna.

Deden mengatakan, kendati Enzo berdarah Perancis, Enzo sudah mendapatkan kewarganegaraan Indonesia pada 2018 lalu.

Enzo sempat galau apakah ingin memilih menjadi warga Perancis atau Indonesia. Namun, remaja ini memutuskan memilih cinta akan NKRI.

Salah satu pertimbangan Enzo untuk menjadi WNI adalah karena ingin menjadi prajurit TNI.

"Sempat galau memilih antara Perancis atau Indonesia, karena masih ada keluarganya di Perancis, tapi mantap memilih jadi WNI karena keinginan yang kuat jadi prajurit TNI," kata Deden ditemui di SMA Al Bayan, Rabu (7/8/2019).

Menurut Deden, saat bersekolah di SMA Al Bayan, Enzo mendapat banyak pemahaman mengenai nilai-nilai NKRI seperti upacara bendera setiap hari Senin.

Enzo juga mendapat pendidikan lewat pelajaran PPKN dan bahasa Indonesia tambahan.

Deden mengatakan, kendati latar belakangnya Enzo dari pesantren, dia juga menjamin Enzo tidak terpapar radikalisme seperti isu yang banyak beredar.

"Enzo tidak lah, bersih. Sudah jelas masuk Akmil saja lolos tes ideologinya. Enzo Pancasilais dan cinta NKRI," kata dia.

Komandan Jenderal Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan, meski berdarah Perancis, Enzo Zenz Allie, calon taruna Akmil 2019, sudah berstatus warga negara Indonesia (WNI).

Status kewarganegaraan menjadi syarat utama seseorang dapat diterima sebagai capratar Akademi TNI.

"Jelas sudah (WNI), kalau enggak warga negara Indonesia, enggak boleh dong walaupun wajahnya bule," katanya seusai upacara pembukaan pendidikan dasar kemitraan caprabhatar Akademi TNI-Akpol Tahun 2019 di Lapangan Sapta Marga, kompleks Akmil, Kota Magelang, Selasa (6/8/2019).

Sumber:KOMPAS.com (Acep Nazmudin, Ika Fitriana)

https://regional.kompas.com/read/2019/08/08/07065981/6-fakta-enzo-taruna-akmil-keturunan-perancis-pilih-wni-karena-ingin-jadi-tni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke