Salin Artikel

Agar Tidur Nyenyak, Sapi Kurban 1 Ton Milik Jokowi Dibelikan Karpet Seharga Rp 2 Juta

Farid, anak Abdul Rahim, peternak yang menjual sapi itu, menuturkan telah memberi karpet hitam seharga Rp 2 juta agar sapi jenis simmental yang diberi nama Mike Tyson ini tetap sehat bugar dan berat badannya tak menurun hingga dikurbankan.

“Karpet ini dibeli di Surabaya seharga Rp 2 juta lebih. Kalau pakai karpet, Tyson bisa tidur lebih nyenyak,” tutur Farid, Selasa (6/8/2019).

Kandang Tyson juga dijaga 24 jam agar tidak dicuri atau untuk menjaga dari segala kemungkinan.

Meski tak mendapat perintah agar sapi Jokowi ini dirawat dan dijaga dengan intensif, Farid menilai dia bertanggung jawab merawat dan memelihara dengan baik sapi kesayanganya yang dibeli Kepala Negara.

Sapi yang dijual seharga Rp 85 juta ini akan dibawa ke ibu kota Sulawesi Barat, yakni Kabupaten Mamuju, Sabtu (10/8/2019) pagi, untuk dikurbankan.

Tiga kali dibeli Jokowi

Abdul Rahim mengatakan, ini merupakan ketiga kali Jokowi kembali menyumbangkan satu ekor sapi kurban berbobot satu ton lebih untuk kaum dhuafa dan fakir miskin di Sulawesi Barat.

Sebelumnya pada 2017 dan 2018, Kepala Negara juga membeli sapi kurban dari peternak sapi di kecamatan yang sama.


Pada 2018, sapi kurban milik Jokowi yang bobotnya juga satu ton lebih dikurbankan untuk warga Polewali Mandar. Sapi Jokowi dikurbankan di Masjid Raya Wonomulyo.

Tradisi Jokowi membeli sapi kurban disambut gembira para petani dan peternak sapi di Polewali Mandar.

Para peternak kini bersaing merawat sapi-sapi peliharaan mereka agar tumbuh sehat dan super agar kelak dipilih menjadi sapi kurban presiden.

Para peternak mengatakan, saat sapi mereka dipilih Presiden, bukan hanya soal harga sapinya yang naik dua kali lipat, melainkan mereka juga bangga sapi dibeli orang nomor satu di Indonesia.

Hal itu juga memotivasi Abdul untuk mengembangkan sapi lebih baik.

Usaha merawat sapi dengan pemberian pakan yang teratur serta menjaga kebersihan kandang dan sapi tak bertepuk sebelah tangan.

Tahun ini sapinya dibeli Jokowi dengan harga Rp 85 juta atau hampir tiga kali lipat dari harga lokal.

https://regional.kompas.com/read/2019/08/07/11171721/agar-tidur-nyenyak-sapi-kurban-1-ton-milik-jokowi-dibelikan-karpet-seharga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke