Salin Artikel

Beredar Video Tangkuban Parahu Kembali Erupsi Besar, Ini Penjelasan PVMBG

Dalam video tersebut, terlihat erupsi Gunung Tangkuban Parahu yang cukup menghebohkan pada Selasa (8/7/2019) pagi, sekitar pukul 10.33 WIB.

Haerani Kasubbid Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMBG Nia menjelaskan, erupsi tersebut benar terjadi.

Hanya saja, tampilan gambar dalam video tersebut terlihat menghebohkan lantaran diambil dari atas kawah dan menggunakan zoom langsung ke dalam kawah.

“Kalau erupsi kecil, di foto dari dekat/bawah itu memang akan kelihatan besar/heboh. Bayangkan (erupsi) Gunung Tangkuban Parahu, kolom abu 80 meter dari dasar kawah. Ketika dizoom pakai video dari jarak dekat, hasilnya akan seperti erupsi besar,” jelasnya, melalui pesan singkat lewat Humas PVMBG, Selasa (6/8/2019).

“(erupsi) Gunung Agung adalah erupsi magmatik, tinggi kolom abu mencapai 2.000 meter. Kalau difoto atai divideo dari jarak jauh, akan kelihatan seperti erupsi kecil,” sambung Nia.

Dengan kata lain, lanjut Nia, video yang menunjukkan erupsi Gunung Tangkuban Parahu sangat besar cuma sekadar perbedaan perspektif pengambilan gambar.

Namun, Nia menyebut memang aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Parahu berupa erupsi freatik masih terus terjadi.

“Memang erupsi menerus, tapi kecil, hanya di dasar kawah saja. Masyarakat diimbau agar tidak mudah terpancing oleh info-info yang tidak disertai keterangan atau penjelasan yang jelas,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/08/06/17533791/beredar-video-tangkuban-parahu-kembali-erupsi-besar-ini-penjelasan-pvmbg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke