Salin Artikel

Kronologi Tenggelamnya KM Pieces, Kapal Terbakar Hebat Sebelum Tenggelam

KM Pisces ternyata terbakar dan tenggelam diperairan Tanjung Selatan, bukan diperairan Matasiri, seperti keterangan dari Basarnas sebelumnya.

KM Pisces pertama kali diketahui tenggelam oleh KM Bintang Delima Mas yang kebetulan melintas di lokasi tenggelamnya KM Pisces.

KM Bintang Delima Mas inilah yang selanjutnya memberikan informasi kepada Basarnas terdekat.

"Penyebab tenggelamnya KM Pisces karena terbakar, keterangan ini kami terima dari kru KM Bintang Mas Delima yang kebetulan melintas dan menemukan korban," ujar Pelaksana harian Basarnas Banjarmasin, Endrow, saat memberikan keterangan di Kantor SAR Banjarmasin, Jumat (2/8/2019).

Kejadian terbakar dan tenggelamnya KM Pisces, lanjut Endrow, baru diterima pihaknya pada tanggal 31 Juli 2019 lalu, sehingga diperkirakan kapal tenggelam sudah lebih dari 3 hari.

"Kami baru menerima informasi ada kapal tenggelam di perairan Tanjung Selatan, itu pada tanggal 31 Juli lalu, jadi kemungkinan, tenggelam sebelum itu," tambah Endrow.

KM Bintang Delima Mas, tambah Endrow, saat berada di lokasi menemukan 4 korban, 2 di antaranya selamat. Kemudian seluruh korban dibawa ke Kota Baru.

Sementara 2 korban lainnya ditemukan oleh Tim SAR keesokan harinya setelah melakukan penyisiran diperairan Tanjung Selatan, Kalsel.

Seperti diberitakan sebelumnya, KM Pieces yang bertolak dari Pekalongan menuju Selat Makassar untuk mencari ikan, tenggelam di perairan Kalsel.

Kapal baru diketahui tenggelam 3 hari kemudian karena alat pemancar sinyal bahaya yang berada di dalam kapal diduga rusak.

Akibat kejadian ini, 4 orang dinyatakan tewas dan 2 selamat, sementara 31 penumpang lainnya dinyatakan hilang.

https://regional.kompas.com/read/2019/08/02/15004011/kronologi-tenggelamnya-km-pieces-kapal-terbakar-hebat-sebelum-tenggelam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke