Salin Artikel

Ditemukan Pancuran Air Berkepala Naga, Situs Era Majapahit di Jombang Membentuk Petirtaan

JOMBANG, KOMPAS.com - Sebuah arca Jaladwara berkepala naga ditemukan di lokasi situs purbakala yang ditemukan di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Benda kuno tersebut ditemukan pada hari ketiga pelaksanaan survei penyelamatan situs purbakala yang dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Selain arca jaladwara yang ditemukan di dasar sendang Sumberbeji, tim dari BPCB Jatim juga menemukan struktur sudut bangunan yang membentuk pancuran air.

Arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho mengungkapkan, berdasarkan beberapa temuan, pihaknya meyakini jika situs purbakala di Sumberbeji Jombang merupakan bekas petirtaan.

"Pada hari ketiga ini, kita menemukan sudut bangunan yang ternyata saluran air ini mengarah ke suatu struktur, cenderung ke petirtaan," katanya di lokasi penemuan situs, Kamis (1/8/2019) petang.

"Indikasinya pertama, ada pancuran-pancuran atau jaladwara. Kemudian tadi jam 12 siang kita menemukan jaladwara dari batu andesit atau batu kali yang ada di kotak tiga," beber Wicaksono, melanjutkan penjelasannya.

"Saluran air yang ditemukan sebelumnya, ternyata merupakan bagian dari petirtaan," katanya.

Ditambahkan, survei penyelamatan situs purbakala di Sumberbeji Jombang masih akan berlangsung hingga Sabtu (3/8/2019) lusa. BPCB mulai melakukan penelitian sejak Selasa (30/7/2019).

Sebelumnya diberitakan, di dasar sendang atau waduk Sumberbeji ditemukan saluran air peninggalan era kerajaan Majapahit, saat warga membersihkan dasar sendang dari lumpur dan sampah, dua minggu lalu.

https://regional.kompas.com/read/2019/08/01/19071311/ditemukan-pancuran-air-berkepala-naga-situs-era-majapahit-di-jombang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke