Salin Artikel

Bus Mundur Saat di Tanjakan hingga Terguling, 20 Penumpangnya Histeris

Bus berpenumpang 20 orang itu akhirnya berjalan mundur, kemudian terperosok dan terguling di badan jalan. 

Puluhan penumpang di dalam bus ikut terguling dan saling bertubrukan satu sama lain di dalam bus. Mereka panik dan histeris. Penumpang yang selamat terlihat syok. Kebanyakan penumpang adalah anak-anak. 

Sopir bus bernama Mesra memberikan kronologi peristiwa naas tersebut. Menurut dia, awalnya bus melaju dari arah barat dengan kecepatan sedang. 

Saat Mesra masuk ke perseneling satu di tanjakan, tiba-tiba bus berjalan mundur sekitar 10 meter. Kejadian itu membuat semua penumpang bus panik dan histeris. 

Untuk menghindari bus masuk jurang sedalam lima meter, Mesra langsung banting setir ke arah kanan. Bus berhenti terguling setelah menabrak tebing. 

Mesra menduga ada kendala teknis hingga remnya blong. "Tadi oper perseneling tapi tidak bisa pindah, trus remnya blong jadi susah mengendalikannya hingga jalan mundur,” kata Mesra, Selasa.

Selain masalah teknis, bus ini juga diduga mengalami kelebihan muatan sehingga tidak kuat menanjak. Rencananya, bus akan dievakuasi dengan alat berat. 

Sejumlah warga yang melintas di lokasi kejadian berusaha menyelamatkan puluhan penumpang yang menjadi korban kecelakaan.

Sopir bus naas, Mesra, minta tolong ke sejumlah kendaraan yang lewat untuk mengantar penumpangnya ke Desa Leling di Kecamatan Tommo, agar bisa melanjutkan perjalanan. 

Tidak ada korban jiwa saat peristiwa ini terjadi. Kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah dari pihak bus. 

https://regional.kompas.com/read/2019/07/30/23240591/bus-mundur-saat-di-tanjakan-hingga-terguling-20-penumpangnya-histeris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke