Salin Artikel

BPBD Jabar: Abu Tangkuban Parahu Tidak Sampai ke Kota Bandung

“Debu akibat letusan tingginya 200 meter, tapi kekuatan angin tidak begitu kencang, paling jauh hanya sekitar satu kilometer sebelum Lembang, tapi masih di Cikole,” kata Supriatno saat dihubungi, Jumat (26/7/2019).

Lebih lanjut Supriatno menambahkan, debu tidak mengarah ke Kota Bandung lantaran angin bertiup yang membawa debu tersebut mengarah ke timur laut.

“Memang mengarah ke daerah permukiman, tapi radiusnya tidak membahayakan, yang banyak masih di sekitar mulut gunung,” tandasnya.

Tim SAR diterjunkan

Sementara itu, pasca-erupsi, Kantor SAR Bandung meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaaan dengan memberangkatkan Tim Rescue menuju Gunung Tangkuban Perahu untuk melakukan pemantauan dan koordinasi dengan pihak terkait yang berada di lokasi.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan PVMBG, BPBD Provinsi Jawa Barat, Pos Pantau Gunung Tangkuban Parahu, SAR Pasundan, unsur TNI serta Polri setempat.

Menurut dia, saat ini kondisi gunung sudah terbilang normal. Pengunjung wisata dan pendaki gunung yang sempat berada di dalam kawasan TWA Gunung Tangkuban Parahu pun sudah dievakuasi.

“Berdasar informasi dari Polsek Lembang sampai saat ini pukul 19.33 WIB tidak ada korban jiwa dan para pengunjung sudah berhasil dievakuasi,” tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/07/26/22201371/bpbd-jabar-abu-tangkuban-parahu-tidak-sampai-ke-kota-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke