Salin Artikel

Polisi Tangkap Pimpinan dan Puluhan Anggota Kelompok SMB di Jambi

JAMBI, KOMPAS.com - Tim Gabungan TNI-Polri tangkap pimpinan dan puluhan anggota kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB) di Jambi.

Penangkapan ini terkait peristiwa pengadangan, perusakan, dan penganiayaan terhadap anggota tim Satgas Karhutla Jambi serta perusakan perumahan dan fasilitas kantor PT Wira Karya Sakti (WKS) beberapa hari lalu yang lalu. 

Sebanyak 45 orang anggota dari kelompok SMB yang terdiri dari 41 orang laki-laki dewasa dan 4 orang wanita dibawa ke Mako Brimob. Penangkapan dilakukan pada Kamis (18/7/2019)  di kawasan Distrik VIII Kabupaten Batanghari, Jambi.

Antara memberitakan, Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Muchlis AS, MH beserta pejabat Korem 042/Gapu dan Pejabat Utama Polda Jambi serta Jajaran Polres Tebo terjun langsung dalam pengamanan para pelaku ini.

Muchlis AS mengatakan, pasca diamankannya ke 45 anggota kelompok SMB dari kawasan Distrik VIII Kabupaten Batanghari, Jambi, oleh tim gabungan TNI-Polri, kini mereka ditahan sementara di sel rutan Mako Brimob Polda Jambi yang ada di kawasan Kebun Bohok, Kabupaten Muarojambi.

"Muslim cs telah terdapat 14 laporan di Polres Tanjab Barat, Batanghari dan Tebo, dan dari 14 tersebut terdapat 9 tindakan kriminalitas yang dilakukannya," kata Muchlis, seperti dikutip Tribunnews Jambi.

Ke 45 orang anggota kelompok SMB tiba di Mako Brimob dengan pengawalan ketat dari pihak Kepolisian dan TNI sekitar pukul 02.00 WIB.

Selain mengamankan 45 kelompok SMB, tim gabungan TNI-Polri juga mengamankan barang bukti berupa 10 pucuk senjata api rakitan jenis kecepek, tiga bambu runcing, 49 sajam, 47 pisau sangkur, empat peluru tajam, dua unit HT, satu laptop, dua unit motor dan baju kaos TNI sebanyak satu buah.

Berikut nama-nama anggota kelompok SMB yang diamankan tim gabungan di antaranya, Muslim sebagai ketua SMB, Sum, Rirski, Sardi, Agusnadi, Adi, Munir, Ruben, Sukiyo, Danres, Jupri.

Kemudian Wiwin, Juki, Sopian, Rian, Kewat, Sarno, Ninting. Selanjurnya, Samludin, Betilas, Bangun, Sodirin, Payunda, Darjo, Maun.

Dan Yanto, Rusdi, Eko, Misdi, Sukur,Faujan Sapurta, Misbah Ilham Robani,, Tomi Sarial Arifin, Dini Oktaria, Ngadimin, Johanes, Suratno, Batila, Bujang Putih, Irpan dan Rohali.

https://regional.kompas.com/read/2019/07/19/15095701/polisi-tangkap-pimpinan-dan-puluhan-anggota-kelompok-smb-di-jambi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke