Salin Artikel

I-Lenuk, Aplikasi Pendata Penyu Karya Mahasiswa Universitas Brawijaya

Salah satu mahasiswa pencipta i-Lenuk, Neneng Nurlaila di Malang, Sabtu (22/6/2019), mengemukakan aplikasi tersebut dilengkapi berbagai fitur, termasuk ketersediaan kolom jenis penyu, lama pengeraman, jumlah indukan, jejak, dan jumlah telur menetas maupun tidak.

Kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) bisa langsung memasukkan data ke dalam aplikasi yang nantinya terinput sheet words.

"Setelah semua data dimasukkan, secara otomatis akan terinput ke dalam sheet words yang bisa langsung di-print," kata Neneng.

Ia menjelaskan selama ini pendataan penyu yang dilakukan oleh Pokmaswas masih manual dan tidak efisien. Permasalahan lain adalah karena kurangnya sumber daya manusia dari Pokmaswas yang menyebabkan pengawasan tidak dapat dilakukan secara kontinu.

Karena kondisi tersebut, menyebabkan populasi penyu di Indonesia sulit terkontrol.

"Setiap tahunnya tidak kurang dari 40 sarang telur penyu ditemukan di Pantai Taman Kili Kili Desa Wonocoyo, Kabupaten Trenggalek. Setiap sarang telur berjumlah 80 hingga 100 butir telur. Ini menyulitkan jika pendataan masih dilakukan manual," katanya.

Neneng mengatakan saat ini aplikasi i-Lenuk tengah di ujicobakan kepada Pokmaswas di Pantai Kili-kili, Trenggalek.

Bersama empat pencipta i-Lenuk yang lain, yakni Ahmad Kurniawan, Muhammad Zaini Rahman, Azizah Nurul Asri, dan Abdullah Harits, Neneng memberikan pendampingan pembuatan akun e-mail dan pendampingan pengoperasian aplikasi i-Lenuk.

Program i-LENUK dilakukan dalam beberapa tahapan seperti sosialisasi tahap 1 dan sosialisasi tahap 2.

Program yang bertujuan untuk memberikan gambaran dan mengetahui sejauh mana pengetahuan masyarakat sasaran mengenai program i-LENUK.

Selain itu juga dilakukan pendampingan pengoperasian aplikasi i-LENUK untuk Pokmaswas Pantai Taman Kili Kili, pendampingan pembuatan akun e-mail dan pendampingan pengoperasian aplikasi i-LENUK untuk umum.

 i-Lenuk yang diadopsi dari Bahasa Tetun (Timor Leste) yang berarti penyu itu merupakan salah satu produk yang didanai DIKTI lewat Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada 2019.

https://regional.kompas.com/read/2019/06/23/13364251/i-lenuk-aplikasi-pendata-penyu-karya-mahasiswa-universitas-brawijaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke