Salin Artikel

2 Orang Pelaku Pungli di Lokasi Jembatan Mesuji Dibekuk Polisi

KAYUAGUNG, KOMPAS.com - Personel polisi dari Polsek Mesuji Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan menangkap 2 orang pelaku pungli terhadap pengendara kendaraan yang terjebak macet akibat amblasnya jembatan mesuji Selasa (18/6/2019).

Kedua pelaku masing-masing Nahwan (28) dan Slamet Irfanto (29) keduanya warga Blok M Desa Dabukrejo Kecamatan Lempuing OKI.

Kapolsek Mesuji AKP Dharmanson menjelaskan, modus pelaku adalah dengan cara menawari pengendara yang kendaraannya terjebak macet untuk masuk ke akses jalan tol Kayuagung-Lampung di Desa Sidamukti Mesuji OKI.

Jika pengendara setuju, jelas Dharmanson, maka kedua orang itu bertindak menjadi petunjuk jalan bagi kendaraan tersebut.

Setelah tiba di lokasi jalan akses tol yang juga merupakan lokasi TKP penangkapan, kedua orang itu lalu memaksa meminta uang dengan jumlah bervariasi.

"Untuk kendaraan pribadi mereka meminta antara 100 hingga 150 ribu rupiah, sedangkan kendaraan besar seperti truck dan fuso mereka meminta antara 200 hingga 250 ribu rupiah perkendaraan" katanya.

Kronologis penangkapannya sendiri jelas Dharmanson, berawal saat ia beserta anggotanya tengah melakukan patroli hunting dan antisipasi aksi kejahatan terhadap para pengguna jalan tol yang disinyalir telah dimanfaatkan oleh oknum masyarakat untuk melakukan pungli Selasa sekitar pukul 15.00 WIB.

Ketika sampai di jalan poros Desa Sukamukti Mesuji OKI, mereka melihat pelaku sedang memaksa meminta sejumlah uang kepada korban kendaraan pribadi jenis kijang dengan alasan uang jasa pengantaran.

"Segera saja kami beserta personil melakukan penangkapan terhadap pelaku, kemudian pelaku dan BB uang sebesar Rp 350.000 kami bawa ke Mapolsek Mesuji guna penyidikan lebih lanjut, sedangkan korban tidak bersedia membuat laporan polisi dengan alasan ingin melanjutkan perjalanan," terangnya.

Dharmanson juga mengingatkan para pengendara kendaraan yang hendak menuju Lampung atau sebaliknya yang terjebak akibat jembatan amblas agar berhati-hati terhadap tawaran orang tak bertanggung jawab yang menawarkan jalan pintas atau jalan alternatif menuju akses tol terdekat.

"Lebih berhati-hati," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2019/06/18/22522591/2-orang-pelaku-pungli-di-lokasi-jembatan-mesuji-dibekuk-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke