Salin Artikel

Pesan Idul Fitri, Jangan Rusak Toleransi yang Terjalin Selama Ini...

“Umat muslim diajarkan tetap berbuat baik dan melaksanakan semua norma-norma ajaran agama Islam. Kita berharap, perbedaan yang ada tidak merusak toleransi yang telah lama terjalin selama ini di Indonesia,” kata Hamdan dalam kotbahnya usai shalat id, Rabu (5/6/2019) pagi.

Hamdam mencontohkan, belakangan ini banyak kejadian yang tidak terpuji diperlihatkan oleh oknum-oknum yang paling agamis. Bahkan, mengaku orang suci dan telah memegang tiket masuk surga.

“Saya lihat sekarang, gampang sekali mengaku orang yang paling suci. Bahkan, ada yang mengaku sudah memegang tiket ke Surga. Astagfirullah Al Adzim... Jangan sombong, tidak ada yang bisa disombongkan di dunia ini. Tidak ada satupun manusia yang bisa mengaku suci, apalagi menjelek-jelekkan sesama manusia,” tuturnya.

Hamdan berpesan, agar semua umat muslim tetap menjaga akhlak dan prilakunya selama di dunia, tempat persinggahan sementara. Umat muslim tetap berada pada di jalan Allah dan menganut pada ajaran agama Islam yang berpedoman pada kitab suci Al Quran.

“Bagaimana bisa mengaku suci dan mengaku telah memegang tiket masuk surga, jika akhlak dan perilakunya selama di dunia jelek,” katanya.

“Jika ada perbedaan selama ini, apalagi baru-baru telah menghadapi Pemilihan Presiden. Semua itu harus dilupakan dan kembali menyatu sesama umat manusia dan bertoleransi,” tambahnya. 

https://regional.kompas.com/read/2019/06/05/08244521/pesan-idul-fitri-jangan-rusak-toleransi-yang-terjalin-selama-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke