Salin Artikel

Kiai Sepuh di Jawa Timur Siap Jadi Tuan Rumah Islah Nasional Capres 01 dan 02

“Kalau diperlukan, kiai-kiai di Jatim siap menjembatani bahkan menjadi tuan rumah pertemuan Pak Jokowi dan Pak Prabowo guna membangun Indonesia ke depan yang maju lagi,” ujar Ketua PBNU Saifullah Yusuf selaku tuan rumah pertemuan kiai-kiai di Surabaya, Senin.

Kesepakatan tersebut dihadiri kiai dan ulama sepuh dengan Rois Aam PBNU KH Miftachul Ahyar, Minggu (2/6) malam.

Pada pertemuan tersebut, turut hadir kiai pendukung 01 dan 02 di Pemilu 17 April 2019.

Doa pertama dilakukan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar yang mendoakan agar Prabowo diberi kesehatan dan kemampuan sehingga terus bisa mengabdi untuk kepentingan bangsa.

Doa yang sama lantas disampaikan Pesantren Al-Ihsan Jrangoan Sampang KH Mahrus Malik agar Jokowi diberikan kesehatan agar bisa memimpin bangsa ini dengan lebih baik.

Dalam pertemuan tersebut para kiai menginginkan segera dilakukan islah nasional secara ikhlas dan sungguh-sungguh untuk menjaga kesatuan NKRI dalam seluruh tingkatan antara pendukung kedua kubu.

Selain itu, berbagai dinamika yang akhir-akhir ini terjadi juga dibahas dan disepakati akan ada pertemuan lanjutan di kediaman KH Nawawi di Sidogiri.

Sementara itu, KH Anwar Iskandar mengatakan bahwa perbedaan pilihan merupakan “sunatullah”, namun harus tetap mengedepankan persatuan.

“Perbedaan pilihan adalah bagian dari dinamika yang itu merupakan ‘sunatullah’, tapi jangan sampai saling menghujat,” ucap pengasuh pondok pesantren Al Amin Kediri tersebut.

Pilpres, kata dia, telah selesai sehingga para kiai baik pendukung 01 maupun 02 sepakat untuk membangun komunikasi intensif dan saling memaafkan.

“Kami menginginkan islah atau rekonsiliasi agar bangsa ini tidak terjebak pada polemik yang menjurus disintegrasi. Harapannya, dengan modal kiai-kiai sudah bertemu ini bisa membangun Indonesia lebih maju lagi,” kata dia.

Turut hadir dalam pertemuan ini pengasuh Pesantren Lirboyo Kediri KH Anwar Mansyur, pengasuh Pesantren Ploso Kediri KH Nurul Huda Djazuli dan pengasuh Pesantren Sidogiri Pasuruan KH Nawawi Abdul Djalil.

Kemudian, pengasuh Pesantren Salafiyah Pasuruan KH Idris Hamid, pengasuh Pesantren al-Mubarok Lanbulan Sampang KH Ahmad Ghozali, pengasuh Pesantren Darul Ulum Omben Sampang KH Jafar Yusuf Abd Wahid, pengasuh Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang KH Abdussalam Shohib, pengasuh Pesantren An Nur I Bululawang Malang KH Fahrur Rozi beserta sejumlah gus dan lora (putra kiai).

Artikel ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul Kiai sepuh Jatim siap jadi tuan rumah islah capres 01 dan 02

https://regional.kompas.com/read/2019/06/03/20430641/kiai-sepuh-di-jawa-timur-siap-jadi-tuan-rumah-islah-nasional-capres-01-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke