Salin Artikel

Pemuda Lintas Agama di Jombang Merajut Kebersamaan Lewat Bagi Takjil

Setelah melakukan breifing sebentar, mereka yang terbagi dalam beberapa kelompok berdiri di pinggir jalan Raya Mojowarno, sembari menenteng bingkisan berupa paket makanan dan minuman untuk berbuka puasa (takjil)

Selanjutnya, para pemuda Islam dan Kristen tersebut menghentikan para pengendara yang melintas sembari memberikan takjil. Ratusan paket takjil dibagikan para pemuda lintas agama tersebut hingga menjelang waktu berbuka puasa.

Memupuk Toleransi

Para pelajar, pemuda dan mahasiswa lintas agama yang menggelar acara bagi takjil berasal dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Mojowarno, Ikatan pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Mojowarno, serta dari Komisi Pembinaan Pemuda dan Mahasiswa (KPPM).

IPNU dan IPPNU merupakan organisasi badan otonom di bawah naungan Nahdlatul Ulama, sedangan KPPM merupakan organisasi kepemudaan di bawah naungan GKJW Mojowarno.

"Tujuan kami mengkampanyekan pentingnya toleransi antar umat beragama," kata Ketua Pimpinan Anak Cabang IPNU Mojowarno Imam Syafi'i, kepada Kompas.com.

Menurut Imam Syafi'i, komitmen menjaga persatuan dan persaudaraan antar anak bangsa perlu digelorakan secara terus menerus. Tanpa menghilangkan perbedaan, jiwa toleran setiap pemuda perlu dipupuk sejak dini.

"Sebagai generasi muda, kami berharap bisa turut serta memperkuat nilai kebhinekaan dan persaudaraan," kata Feriana Kurnianto, Ketua KPPM-GKJW Mojowarno.

Menurut Feriana, bulan ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam yang memiliki kewajiban menjalankan ibadah puasa.

Lewat acara bagi-bagi takjil kepada umat Islam yang sedang berpuasa, Feriana dan teman-temannya berharap bisa berbagi kasih dan memupuk jiwa toleran antar umat beragama.

"Tujuannya sederhana, yaitu untuk mewujudkan kasih kepada sesama dan sebagai wujud toleransi antar umat beragama," ujar Feriana.

https://regional.kompas.com/read/2019/05/30/23522421/pemuda-lintas-agama-di-jombang-merajut-kebersamaan-lewat-bagi-takjil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke