Salin Artikel

Waspada 8 Pasar Tumpah di Jalur Mudik Karawang

KARAWANG, KOMPAS.com - Sedikitnya ada delapan pasar tradisonal atau pasar tumpah di sepanjang jalur mudik arteri dan alternatif roda dua di Karawang.

Ini menjadi salah satu titik trouble spot jalur mudik di Karawang. Jalur arteri Pantura, Karawang, sepanjang 41 kilometer terdapat lima pasar tradisional, yakni:

1. Pasar Johar

Pasar Johar terletak di Jalan Tuparev, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur. Pasar ini kerap menimbilkan kemacetan lantaran banyak kendaraan yang parkir di pinggir jalan.

Meski tak terletak di jalur urtama jalan arteri jalur mudik, sejumlah pemudik kerap melewati jalur ini.

2. Pasar Kosambi

Pasar Kosambi terletak di Jalan Raya Kosambi Nomor 15, Desa Duren, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang.

Pasar ini kerap menimbulkan kemacetan lantaran tak jauh dari pasar terdapat pertigaan menuju pemukiman padat penduduk. Hal ini diperparah dengan adanya pintu rel kereta api.

3. Pasar Cikampek

Pasar Cikampek terletak di Jalan Terminal Bis Nomor 9, Desa Cikampek, Kecamatan Cikampek. Pasar ini kerap menimpulkan kemacetan lantaran banyak kendaraan parkir dan mengetem di pinggir jalan.

4. Pasar Pemda Cikampek

Pasar ini terletak di Jalan Kembon Kembang Nomor 161, Desa Cikampek Timur, Kecamatan Cikampek.

5. Pasar Jatisari

Pasar ini terletak di Jalan Raya Jarisari, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisari. Arus lalu lintas di jalur ini kerap tersendat lantaran banyak pedagang berdagang di pinggir jalan dan banyak kendaraan yang mengetem di pinggir jalan.

Selain itu, di jalur alternatif roda dua sepanjang 49 kilometer juga terdapat tiga pasar tumpah. Jalur ini digunakan apabila di jalur arteri dan tol mengalami kemacetan parah.

Di mana pemisahan pemudik motor dengan pemudik mobil akan dilakukan di flyover Lamaran.

Arus lalu lintas di jalur ini kerap tersendat lantaran banyak pedagang yang berdagang di pinggir jalan. Ketiga pasar itu, yakni:

1. Pasar Telagasari

Pasar ini terletak di Jalan Raya Telagasari, Desa Telagasari, Kecamatan Telagasari.

2. Pasar Wadas

Pasar ini terletak di Jalan Raya Sech Quro, Wadas, Kecamatan Lemahabang.

3. Pasar Gempol

Pasar Gempol terletak di Jalan Raya Gempol-Cilamaya, Kecamatan Banyusari.

"Salah satu titik trouble spot ialah pasar tradisional, yang biasanya menimbulkan pasar tumpah di sepanjang jalan," kata Kasat Lantas Polres Karawang, AKP Bariu Bawana kepada Kompas.com, melalui pesan singkat, Senin (27/5/2019).

Untuk mengantisipasi kemacetan, Satlantas Polres Karawang berkoordinasi dengan pihak terkait dan menempatkan personel untuk mengatur arus lalu lintas.

Bariu menyebut, jalur arteri Pantura Karawang dari perbatasan Kabupaten Bekasi hingga Kabupaten Subang, dan jalur alternatif roda dua dari Lamaran hingga Cikalong merupakan dua dari tiga jalur favorit para pemudik. Satu jalur favorit lainnya yakni jalur tol sepanjang 28 kilometer.

https://regional.kompas.com/read/2019/05/27/18104641/waspada-8-pasar-tumpah-di-jalur-mudik-karawang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke