Salin Artikel

Ajak Petinggi OPM Kembali Ke NKRI, 10 Prajurit Naik Pangkat

Prestasi yang ditorehkan sepuluh prajurit tersebut adalah mereka berhasil mengajak delapan orang anggota  Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali ke NKRI.

Selain itu, mereka juga berhasil membujuk kedelapan orang tersebut untuk menyerahkan senjata organik jenis M16 dan tujuh butir amunisi kaliber 5,56 mm,  pada 25 Januari 2019 lalu di Skouw, perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Kenaikan pangkat luar biasa tersebut diberikan langsung oleh Panglima Kodam XVII Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Yosua Pandit Sembiring, di Aula Tonny A. Rompis, Kota Jayapura, Papua, Senin (20/05/2019).

"Mereka berhasil mengajak petinggi OPM. Dia kepala Logistik yang dulunya di PNG kemudian kembali ke NKRI dan membawa senjata M16," ujarnya.

Langkah-langkah persuasif, terang Yosua, selalu dikedepankan aparat saat menjalankan misi

Sepuluh prajurit yang diantaranya delapan orang dari Satgas Pengamanan Perbatasan Yonif Para Raider 328/Dirgahayu dan dua orang Prajurit Korem 172/PVY, berhasil menunjukan jika tanpa ada kontak senjata, TNI dapat merebut simpati dari lawannya.

"Ini adalah bentuk prestasi, dan kepiawaian unsur pimpinan dan anggotanya untuk melakukan pendekatan humanis, teritorial sehingga membuat lawan bisa menjadi kawan," tuturnya.

Sertu Muhammad Bakti Yulada, salah satu prajurit yang menerima kenaikan pangkat luar biasa mengatakan dia melakukan pendekatan selama dua bulan untuk dapat mebujuk kedelapan anggota OPM tersebut kembali ke NKRI.

Ia mengakui, dari sisi ekonomi, delapan anggota OPM anak buah Mathias Wenda, Panglima Tentara Revolusi West Papua (TRWP) tersebut berada dalam kondisi kekurangan.

"Pendekatannya kita datang ke sana bawa bahan makanan dan mereka terima," ucapnya.

Dengan prestasi tersebut, Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Yosua Pandit Sembiring meminta para prajurit yang bertugas diperbatasan tidak berpuas diri karena wilayah yang mereka jaga merupakan lokasi vital.

"Utamanya yang di perbatasan ini, harus lebih bagus lagi jaga teritorial dengan baik. Bina masyarakat sekitar dan perketat peredaran barang ilegal, semisal ganja dan lainnya. Termasuk jaga patok batas. Jangan sampai ada yang kasih geser -geser. Entek nanti," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2019/05/20/18555351/ajak-petinggi-opm-kembali-ke-nkri-10-prajurit-naik-pangkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke