Salin Artikel

Tim Mudik Gesit Kompas: Proses Pengaspalan Jalan Tol Kapal Betung Masih Berlangsung

PALEMBANG, KOMPAS.com - Survei jalur arus mudik yang dilakukan tim Mudik Gesit Kompas menyisir seluruh jalan Tol Trans Sumatera dari Bakauheuni Lampung hingga ke Palembang, (15/5/2019).

Ketua Tim C Mudik Gesit Kompas Irene Sarwindaningrum mengatakan, kondisi jalan tol dari Lampung-Pematang Panggang sepanjang 77 kilometer yang akan digunakan pada arus mudik nanti sudah dalam kondisi siap.

Sementara, jalan Tol Kayuagung-Palembang (Kapal Betung) yang akan difungsionalkan pada H-7 arus mudik nanti, masih dalam proses pengaspalan.

Setidaknya, jalan Tol Kapal Betung yang memiliki panjang 170 kilometer, 33 kilometer di antaranya akan difungsikan untuk arus mudik nanti.

"Dari pantauan kami, hampir setengahnya jalan Tol Kapal Betung masih berupa tanah merah, karena proses masih pengaspalan," kata Irene, Kamis (16/5/2019).

Pintu keluar dari Tol Kapal Betung diprediksi akan terjadi kemacetan pada arus mudik nanti.

Sebab, pada jalur tol fungsional nanti, hanya satu jalur yang difungsikan dikarenakan masih dalam proses pengerjaan.

"Untuk di Lampung-Pematang Panggang menggunakan dua jalur. Sedangkan Pematang Panggang-Kayuagung hanya menggunakan satu jalur. Dari hasil pantauan, sebagian besar memang sudah siap untuk digunakan," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Proyek (Kapro) Seksi 1 Tol Kapal Betung Arif Hardianto mengatakan, jalan fungsional yang akan digunakan pada arus mudik nanti direncanakan selesai pada Senin (27/5/2019).

"Permukaan jalan akan berupa aspal dan lapisan agregat, tidak berupa tanah merah. Untuk lokasi yang masih agregat akan disiagakan tangki air untuk mengurangi resiko debu," kata Arif, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Arif mengatakan, akan ada dua pintu exit Tol Kapal Betung yang akan digunakan yakni, exit Celikah dan Jakabaring (desa terpadu).

"Tol fungsional pada H-7 sudah siap, namun rekomendasi bisa digunakan atau tidak sangat tergantung keputusan Korlantas. Saat ini masih dalam evaluasi tim Korlantas," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2019/05/16/15384231/tim-mudik-gesit-kompas-proses-pengaspalan-jalan-tol-kapal-betung-masih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke