Salin Artikel

Borobudur Marathon Kembali Digelar, Ini Keinginan Ganjar Pranowo

Salah satu caranya yaitu mengajak warga setempat membuka satu layanan kamar di rumahnya menjadi tempat menginap bagi para tamu.

Hal itu disampaikan Ganjar saat menerima pemimpin redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho dan jajaran di ruang kerjanya, Selasa (14/5/2019) siang.

"Saya ingin di sekitar Borobudur itu ada satu rumah, satu kamar, yang bisa dijual. Jadi, kamar didesain yang bagus, sehingga turis atau pengunjung bisa ke sana," kata Ganjar.

Pria berambut putih ini menyatakan, pelaksanaan kejuaraan lari Borobudur Marathon tiap tahunnya selalu ramai dan sukses. Akomodasi untuk peserta dan keluarganya bahkan meluber ke daerah lain.

Oleh karena itu, Ganjar ingin agar warga bisa memanfaatkan kesempatan itu dengan menyediakan salah satu kamarnya menjadi penginapan.

"Jadi, satu keluarga bisa live in di desa, bisa merasakan kultur desa dan berkomunikasi dengan mereka. Saya harap Bank Jateng bisa kasih kredit murah bagi warga yang buka layanan ini," tambah dia.

Secara umum, kata Ganjar, ia ingin agar pelaksanaan Borobudur Marathon bisa dipromosikan lebih luas lagi.

Kejuaraan yang akan dilangsungkan pada 17 November 2019 itu nantinya diikuti 10.000 pelari, yang dibagi menjadi tiga kategori yaitu Marathon, Half Maraton dan 10K.

Sebelum pelaksanaan, nantinya juga ada friendship run untuk menampung keluarga pelari yang ingin menikmati layaknya pelari. Ajang ini juga bisa dijadikan sarana pemanasan.

"Gubernur tidak boleh ikut lomba lari, kalau dulu diajak karena pengerahan massa. Sekarang yang boleh lari atlet saja, yang lain jadi penggembira termasuk gubernur yang hanya boleh ikut 10K saja," ujar dia.

"Beberapa uji coba kerja sama Kompas berhasil. Borobudur Marathon itu keren, saya ingin kapitalisasi lebih besar," tambah dia.

Borobudur Marathon rencananya digelar pada Minggu, 17 November 2019 di Komplek Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Event Manager Harian Kompas, Budhi Sarwiadi mengatakan, untuk mendapatkan slot Borobudur Marathon, pelari harus mengikuti sistem ballot atau pengundian. Ada 8.000 slot yang disiapkan melalui jalur itu.

Sistem ballot adalah prosedur pengundian pendaftaran yang umum digunakan dalam banyak marathon besar di seluruh dunia seperti New York Marathon, Boston Marathon, dan Tokyo Marathon.

Melalui sistem ballot ini, seluruh pelari dapat memiliki kesempatan mendapatkan slot peserta.

Pendaftaran melalui sistem ballot itu dibuka selama 1 bulan penuh, dari 1 Mei sampai 31 Mei 2019. Para peserta tidak perlu mendaftar terburu-buru untuk mendapatkan slot peserta. 

https://regional.kompas.com/read/2019/05/14/17352761/borobudur-marathon-kembali-digelar-ini-keinginan-ganjar-pranowo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke