Salin Artikel

Pembangunan Jalan MERR II C Segera Rampung, Kemacetan di Surabaya Diprediksi Berkurang

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat mengatakan, MERR II C merupakan proyek strategis Pemkot Surabaya yang terus dikebut untuk mengurai kemacetan di kawasan timur Surabaya.

"MERR dan jalan penghubung luar itu difungsikan untuk pelayanan dan transportasi barang. Jadi harus bisa selesai cepat, biar truk-truk besar enggak masuk ke jalan dalam kota," kata Irvan saat ditemui Kompas.com di Kantor DPRD Surabaya, Selasa (7/5/2019).

Menurut Irvan, realisasi pengerjaan jalan MERR sudah 90 persen. Artinya, sebelum akhir tahun nanti, pengerjaan jalan MERR tersebut dipastikan sudah rampung. Dengan dibukanya jalan MERR tersebut, ia yakin kemacetan di kawasan perkotaan akan berkurang.

"Sebenarnya kalau mau dibuka untuk uji coba bisa saja, karena sudah siap. Tapi lajur yang digunakan untuk uji coba belum full," ucapnya.

Sementara itu, pengerjaan jalan luar lingkar timur (JLLT) dan jalan lingkar luar barat (JLLB) tidak bisa selesai tahun ini. Menurut Irvan, yang menjadi kendala adalah pembebasan lahan.

"Progres pembangunan (JLLT dan JLLB) masih jalan sampai hari ini. Tapi kalau tahun ini (selesai) sudah tidak mungkin," jelasnya.

Jalur bawah tanah

Irvan mengatakan, proyek strategis Pemkot Surabaya yang juga bakal selesai tahun ini, tepatnya akhir Mei nanti, yakni pembangunan underpass di Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya.

Menurut Irvan, paling lama pengerjaan underpass bernilai Rp 78 miliar itu bisa difungsikan setelah Lebaran.

"Sudah 98 persen ya tinggal finishing saja. Kalau tak ada halangan, akhir Mei sudah bisa selesai dan dioperasikan, ya paling molor Lebaran," ujar Irvan.

Irvan menilai, proyek jalur bawah tanah itu akan memberi manfaat kepada masyarakat, terutama untuk mengurai kemacetan di wilayah Surabaya barat.

"Jadi ini kalau sudah digunakan kan bikin lancar. Masyarakat tahu ini dikerjakan di zaman siapa. Akan jadi kado dari Bu Risma buat warga Kota Surabaya sebelum nanti lengser," ujar Irvan.

https://regional.kompas.com/read/2019/05/07/16203151/pembangunan-jalan-merr-ii-c-segera-rampung-kemacetan-di-surabaya-diprediksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke