Salin Artikel

Kantor Camat dan Logistik Pemilu Gunungsitoli Terbakar, Polisi Periksa 14 Saksi

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com – Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan menegaskan, pihaknya terus memburu dan berusaha mengungkap penyebab kebakaran yang menghanguskan 825 kotak surat suara dan semua logistik Pemilu 2019 di Kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Dan sejumlah ruangan Kantor Camat Gunungsitoli, Kantor Dinas Penanaman Modal dan Perizinan, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, pada hari Sabtu (4/5/2019) lalu.

Hingga kini, pihaknya masih melakukan penyelidikan dan mencari alat bukti penyebab kebakaran.

Beberapa waktu lalu telah diturunkan tim labfor, inafis dan intelijen serta unsur lainnya, guna mengungkap kasus ini.

"Tim kami masih terus menyelidiki dan mendalami sejumlah alat bukti lainnya," katanya, Selasa (7/5/2019).

Dikatakan Deni, sejak kemarin telah diperiksa sebanyak 14 orang berstatus saksi, seperti personel PPK Kecamatan Gunungsitoli, petugas sekretariat dan pengamanan sendiri, yang terdiri dari sejumlah anggota dari Polres Nias.

Bila perlu, kita akan periksa juga unsur Komisioner KPU Kota Gunungsitoli, juga para saksi-saksi dari partai maupun saksi dari DPD dan saksi dari calon presiden dan wakil presiden jika memungkinkan kedepan.

"Hingga kemarin ada 14 orang telah menjadi terperiksa oleh penyidik, di Sat Reskrim Polres Nias," tegasnya.

Lanjut Deni, ia tidak main-main dalam mengungkap kasus ini, dalam pemeriksaan dan olah TKP kemarin oleh Tim Labfor, ditemukan sejumlah bukti-bukti lainnya dan menjadi bahan bagi pihaknya untuk mengungkap ini.

Perlu diketahui, saat kejadian seluruh kotak dan surat suara terbakar. Akan tetapi sejumlah perangkat pemilu seperti Formulir DAA1 yang sudah ditandatangani dengan satu unit laptop Sistem Hitung (Situng), saat ini dibawah pengamanan petugas.

Ditambahkannya, terkait kapan akan terungkap. Ia meminta semua elemen untuk tetap bersabar dan mohon untuk tetap mendoakan agar dapat sesegera mungkin mengungkap kejadian ini.

https://regional.kompas.com/read/2019/05/07/12140311/kantor-camat-dan-logistik-pemilu-gunungsitoli-terbakar-polisi-periksa-14

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke