Salin Artikel

Juara Satu Lomba "Selfie" Pemilu di Solo Dapat Rp 2 Juta, Ini Kisahnya

Pengumuman daftar pemenang dilakukan melalui sosial media milik KPU Solo, salah satunya di Instagram @kpusurakarta.

Ketua KPU Solo Nurul Sutarti mengatakan, lomba ini diadakan untuk menarik minat masyarakat agar turut berpartisipasi menggunakan hak suaranya.

"Pengambilan gambar (foto) selfie setelah (masyarakat) menggunakan hak suaranya," kata Nurul saat diwawancara Kompas.com, Jumat (3/5/2019) siang.

"Itu selfie di bagian luar TPS, tidak boleh difotokan (orang lain)," ujar Nurul.

Untuk mengikuti lomba ini, masyarakat hanya perlu mengunggah foto di media sosial masing-masing dengan menandai akun milik KPU Solo. Lomba yang diadakan KPU Solo ini hanya berlaku di 1.734 di Kota Solo.

Hadiah

Nurul menuturkan, pemenang lomba diambil 18 orang dengan rincian juara pertama (1 orang), juara kedua (1 orang), juara ketiga (1 orang), dan juara favorit (15 orang).

"Masing-masing pemenang, hadiah juara pertama Rp 2 juta, juara kedua Rp 1,5 juta, juara ketiga Rp 1 juta, dan 15 juara favorit masing-masing Rp 500 ribu," tutur dia.

Meskipun pemenang telah diumumkan, ada satu pemenang favorit yang dinyatakan gugur.

"Ini tadi ada yang didiskualifikasi karena lokasi TPS-nya bukan di Surakarta," ujar Nurul.

Pemenang yang akan mengambil hadiah, diwajibkan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli.

Komentar Pemenang

Juara pertama lomba selfie Pemilu 2019 di Kota Surakarta dimenangkan Suryanto, warga yang menggunakan hak suaranya di TPS 7 di Losari RT 07 RW 1, Semanggi, Pasar Kliwon, Surakarta.

Suryanto mengatakan, dirinya telah mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum mengikuti lomba ini.

"Alasannya ingin memeriahkan lomba selfie yang diadakan KPU Surakarta, sebelumnya baca pengumuman di media sosial kalau ada lomba selfie," kata Suryanto saat dihubungi Kompas.com.

"Dari rumah sudah mempersiapkan diri buat ikutan lomba. Sudah mempersiapkan bajunya juga, waktu itu pakai baju lurik khas Solo, buat menambah greget pas selfie," ujar dia.

Suryanto mengaku senang bisa menjadi salah satu pemenang lomba ini, meskipun awalnya ia tak menyangka akan memenangkan kompetisi yang diikuti ratusan orang tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2019/05/03/15210951/juara-satu-lomba-selfie-pemilu-di-solo-dapat-rp-2-juta-ini-kisahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke