Salin Artikel

Warga Geger Lihat Buaya di Pulau Kemaro, Wakil Wali Kota Palembang Turun Tangan

Kemunculan buaya itu pun akhirnya sampai ke telinga Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda hingga ia akhirnya menuju ke pulau Kemaro untuk memastikan kabar tesebut.

"Tadi sudah kita tinjau, memang menurut warga sering terlihat ada buaya di sini. Kita sudah koordinasikan dengan BKSDA untuk ditindaklanjuti," kata Fitri.

Ia mengimbau, warga yang berada di lokasi pulau Kemaro agar tetap berhati-hati dan menjaga keselamatan. Terlebih lagi anak-anak yang berada di sekitar sungai.

"Menurut warga buayanya ada disekitar Bungalow, warga harus hati-hati," ujarnya.

Habitat buaya muara

Kepala BKSDA Sumatera Sulatan Genman Hasibuan ketika dikonfirmasi menjelaskan, mereka sudah mendapatkan laporan adanya buaya disekitar sungai Musi tepatnya di Pulau kemaro.

Menurut Genman, buaya yang sering muncul di sungai Musi merupakan jenis Muara dan memang memiliki habitat di sana. 

"Sungai Musi memang habitatnya buaya muara. Masyarakat juga sudah sering mengaku melihat buaya, bukan hanya di pulau Kemaro, tapi yang tinggal di pinggir sungai Musi juga," jelas Genman. 

Genman mengungkapkan, mereka telah mengambil langkah untuk menghindari terjadinya konflik antara warga dan buaya dengan langsung terjun ke lapangan melakukan evakuasi.

"Tapi memang bukan perkara mudah untuk menemukan buaya muara, karena habitatnya luas. Warga juga diimbau tetap waspada terutama yang ada di sekitar sungai musi,"kata Genman,

https://regional.kompas.com/read/2019/04/30/19491691/warga-geger-lihat-buaya-di-pulau-kemaro-wakil-wali-kota-palembang-turun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke