Salin Artikel

13 Desa di Kabupaten Luwu Terendam Banjir, Warga Enggan Mengungsi

Camat Suli, Ilyas Mappiwali mengatakan, sebanyak 13 desa dan kelurahan terendam banjir.

“Sampai sore ini kami memantau secara umum ada 12 desa dan satu kelurahan terendam banjir. Banjir terparah di Kelurahan Suli, saat ini masih dilakukan pendataan, namun laporan dari semua desa mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa, warga masih bertahan dalam rumah atau keluar memantau,” katanya saat ditemui di lokasi banjir.

Sejumlah warga yang menggunakan kendaraan roda dua nekat melintasi jalan yang terendam banjir. Begitu pun dengan pengguna jalan terpaksa melintas untuk menjangkau tempat kerja mereka.

Aktivitas warga lumpuh total. Warga yang rumahnya terendam banjir berupaya memindahkan ke tempat lebih tinggi seperti kursi dan peralatan dapur. Hal ini dilakukan untuk menyelamatkan harta benda mereka dan menghindari banjir susulan.

Jumaida mengatakan, meski banjir masih menggenang, namun sebagian warga memilih tetap di dalam rumah.

“Kami tidak mengungsi, hanya dalam rumah saja untuk menjaga harta benda, kami mau mengungsi ke mana juga, kami hanya berharap air surut dan pemerintah membantu kami,” ucapnya.

Di lokasi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu melakukan asesmen dan membersihkan saluran air yang tertampung akibat penumpukan material seperti kayu dan material berupa pasir.

https://regional.kompas.com/read/2019/04/29/16214831/13-desa-di-kabupaten-luwu-terendam-banjir-warga-enggan-mengungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke